Infrastruktur KRL Yogyakarta-Solo Siap Beroperasi Akhir 2020

    Ahmad Mustaqim - 24 Juni 2020 13:45 WIB
    Infrastruktur KRL Yogyakarta-Solo Siap Beroperasi Akhir 2020
    Seorang pekerja melintas rel di dekat infrastruktur tiang pendukung KRL di delat Stasiun Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Infrastruktur kereta rangkaian listrik (KRL) di Yogyakarta segera selesai. Rampungnya pembangunan infrasfruktur itu akan diikuti operasional KRL rute Yogyakarta-Solo maupun sebaliknya.

    "Pembangunan sarana KRL yang membangun Kemterian Perhubungan, Dirjen Perkeretaapian. Progresnya, tiang-tiang di (Stasiun) Solo Jebres sudah dipasang semua. Dipasang tiang pinggir rel sepanjang Solo sampai Jogja hampir selesai," kata Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, saat dihubungi, Rabu, 24 Juni 2020.

    Baca: Tempat Wisata dan Restoran di Gowa Boleh Buka

    Eko mengatakan pembangunan tiang sebagai sarana penopang KRL telah dimulai sejak awal 2020. Insfrastruktur itu akan dibangun hingga Stasiu Tugu Yogyakarya.

    "Tergantung pemerintah apakah akan menambah jarak atau hanya sampai Stasiun Tugu," jelas Eko.

    Eko memperkirakan oerasional KRL kemungkinan dilakukan akhir 2020. Menurut dia, kesiapan infrasfruktur bisa segara disusul kereta.

    "Kalau sudah ada relnya, (KRL) siap. PT KAI siap apapun yang menjadi tugas yang diembankan pemerintah. Termasuk new normal siap apabila ada diminya penambahan kereta api," ujarnya.

    Hingga kini, ia mengakui belum pembahasan soal operasional KRL. Pihaknya juga belum mengetahui siapa yang akan jadi pengelola. "Kalau diminta mengelola kereta api, siap karema PT KAI sudah pengalaman. Jika akhir 2020 belum operasional, mungkin sudah uji coba,"  ujarnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id