Jemaah Salat Id Masjid Agung Palembang Dibatasi Hanya 3.000 Orang

    Gonti Hadi Wibowo - 30 Juli 2020 15:22 WIB
    Jemaah Salat Id Masjid Agung Palembang Dibatasi Hanya 3.000 Orang
    Masjid Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Jayo Wikramo atau Masjid Agung Palembang. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)
    Palembang: Masjid Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Jayo Wikramo atau Masjid Agung Palembang, Sumatra Selatan, membatasi jumlah jemaah yang akan mengikuti salat Iduladha 1441 H. Pengurus masjid hanya mengizinkan maksimal 3.000 orang.

    "Jemaah yang akan salat id hanya di dalam, tidak boleh sampai keluar area masjid seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Pengurus Masjid SMB II Jayo Wikramo, Sarnubi, Kamis, 30 Juli 2020.

    Sarnubi mengatakan pada tahun sebelumnya jumlah jemaah yang salat baik di dalam maupun luar masjid hingga membanjiri jembatan Ampera bisa mencapai 20 ribu orang.

    Pembatasan jumlah jemaah dilakukan untuk mengantisipasi klaster baru penyebaran covid-19 usai salat id. Selain juga agar jemaah yang melaksanakan salat bisa lebih aman dan nyaman.

    Baca juga: 11 Pimpinan Parpol Dukung HMP Pemakzulan Bupati Jember

    "Kalau masjid telah terisi penuh, jemaah dipersilakan mencari masjid lain. Kami tak bertanggung jawab apabila ada masyarakat yang memaksa salat di luar masjid," kata dia.

    Sarnubi menjelaskan, pengurus masjid juga telah menyiapkan protokol kesehatan seperti penyediaan masker, menerapkan jaga jarak, dan tempat cuci tangan.

    "Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, pengurus masjid akan dilakukan pada malam hari hingga subuh untuk menghindari kerumunan masyarakat," ungkapnya.

    Plt Karo Kesra Pemprov Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, menambahkan, Gubernur Sumsel Herman Deru akan melaksanakan salat Iduladha di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II. Sedangkan Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya akan salat Iduladha di Masjid Raya Taqwa Palembang.

    "Pak Gubernur juga berkurban seekor sapi di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II dengan berat lebih dari satu ton," imbuh dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id