Lahan PTPN di Megamedung Dikuasai Individi dan Swasta

    P Aditya Prakasa - 29 Januari 2021 19:17 WIB
    Lahan PTPN di Megamedung Dikuasai Individi dan Swasta
    Kuasa Hukum PTPN, Ikbar Firdaus. Medcom.id/P. Aditya Prakasa



    Bandung: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) telah melaporkan pihak pengguna lahan di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lahan tersebut berada di tiga desa serta masih berada di sekitar pondok pesantren (Ponpes) milik Rizieq Shihab.

    "Betul (dekat ponpes Rizieq), ada tiga desa ya ada Sukaresmi, Citeko, dan Desa Kuta, tapi berdampingan semua dalam satu hamparan HGU mungkin ya," kata kuasa hukum PTPN, Ikbar Firdaus, di Markas Polda Jawa Barat, Jumat 29 Januari 2021.






    Ikbar mengatakan, lahan yang dikuasai terlapor itu cukup luas. Lahan tersebut dikuasai swasta dan individu serta rata-rata menguasai hampir empat sampai lima hektare. Menurut dia, lahan yang dikuasai rata-rata berbentuk bangunan permanen seperti villa, pondok pesantren, dan bangunan lainnya.

    "Dari totalan cukup luas rata-rata menguasai, per orang bisa hampir 20 hektare, variatif ada yang 4 hektare ada yang 3 hektare gitu, tapi rata-rata memang menonjol," ucap dia.

    Baca: Polda Jabar Tindak Lanjuti Laporan soal Lahan Megamendung

    Dia menyebut, tidak menutup kemungkinan ada sejumlah orang rekanan Rizieq Shihab yang menjadi terlapor dalam dugaan penyerobotan lahan tersebut. Namun, dia belum bisa menyebutkan orang yang dimaksud.

    "Saya belum bisa menyebutkan perihal tepat itu orangnya atau bukan, karena terkait data yang ada di kita, maka kita serahkan ke pihak penyidik," kata Ikbar.

    Sebelumnya diberitakan, PTPN VIII memiliki Sertifikat Hak Guna Usaha (SHGU) di Megamendung dengan nomor 274, 294, 299, dan 300. Namun, selama ini sertifikat itu telah digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab untuk pendirian perumahan, perkebunan bahkan pesantren.

    Ke-27 laporan itu dilayangkan melalui surat bernomor LPB/101/1/2021/JABAR hingga surat bernomor LPB/127/1/2021/JABAR.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id