Hotel dan Restoran di Makassar Segera Terima Dana Hibah Pariwisata

    Muhammad Syawaluddin - 16 November 2020 17:15 WIB
    Hotel dan Restoran di Makassar Segera Terima Dana Hibah Pariwisata
    Ilustrasi. Satpol PP Makassar saat melakukan edukasi gerakan 3M kepada pengunjung Pantai Losari Makassar. ANTARA Foto/HO-Humas Pemkot Makassar
    Makassar: Ratusan hotel dan restoran di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan mendapatkan dana hibah pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dana hibah itu sebagai bagian dari rencana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

    "Ini juga untuk recovery akibat pandemi sovid-19," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 16 November 2020.

    Dana hibah yang diterima sebesar Rp48,8 miliar. Sebanyak 70 persen dana tersebut akan dibagi untuk ratusan hotel dan restoran. Sementara, 30 persen untuk pemerintah daerah dan biaya operasional. 

    "Total hotel ada sebanyak 400 dan restoran ada 200, tapi kita belum verifikasi, karena belum mendaftar semua," ungkapnya. 

    Namun, pihaknya masih menunggu pengelola hotel dan restoran untuk mengajukan. Nantinya akan diverifikasi oleh tim dan ditindaklanjuti. 

    Baca: Hotel dan Restoran Diminta Pahami Mekanisme Dana Hibah Pariwisata

    Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak hotel dan restoran untuk mendapatkan dana hibah yakni harus sesuai data base wajib pajak hotel dan restoran tahun 2019, masih berdiri dan beroprasi hingga pelaksanaan dana hibah pariwisata pada Agustus 2020.

    Kemudian memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang masih berlaku, serta membayarkan dan memiliki buku pembayaran PHPR tahun 2019. Sementara jumlah dana yang diterima tiap hotel dan restoran bergantung pajak pada 2019. 

    "Masing-masing tergantung pajak yang dibayar sejak Januari sampai Desember 2019. Nanti dihitung oleh Bapenda jadi nilainya beda-beda. Yang paling penting adalah ada tanda daftar pariwisata," ungkapnya.


    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id