BPBD Ungkap Penyebab Longsor di Puncak Bogor

    Rizky Dewantara - 11 Januari 2021 16:15 WIB
    BPBD Ungkap Penyebab Longsor di Puncak Bogor
    Longsor di Puncak Bogor. Foto: BPBD
    Bogor: Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengungkap penyebab tanah longsor yang menutup Jalur Puncak Bogor pada Minggu malam, 10 Januari 2021, karena meluapnya aliran mata air.

    "Penyebab tanah longsor sepanjang kurang lebih 20 meter di kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, karena adanya aliran air dan mata air yang tersumbat sehingga meluap," ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo saat dihubungi Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Senin, 11 Januari 2021.

    Akibat longsor, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur sempat ditutup dan pada Senin, 11 Januari 2021 siang sudah dibuka kedua jalur tersebut.

    "Sejak malam longsoran sudah mulai dibersihkan dari longsoran menggunakan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan sudah dapat dilalui kendaraan," sebutnya.

    Baca: 5.278 Nakes di Malang Diprioritaskan Dapat Vaksin Covid-19

    Budi memastikan tak ada korban jiwa maupun bangunan rusak yang disebabkan akibat tanah longsor. Hanya saja bagi kendaraan yang akan melintas harus mengikuti aturan dengan adanya buka tutup jalur di sekitar lokasi longsor.

    "Saat ini hanya satu jalur yang dapat digunakan oleh kendaraan, arus lalu lintas kendaraan yang naik maupun turun diberlakukan bergantian," tambah dia. 

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id