Sanksi Menanti ASN di Jabar yang Nekat Mudik

    Roni Kurniawan - 16 April 2021 19:44 WIB
    Sanksi Menanti ASN di Jabar yang Nekat Mudik
    Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni K



    Bandung: Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar mudik pada Idulfitri 2021 karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Gubernur pun telah menyiapkan sanksi untuk ASN yang melanggar.

    Selain melarang mudik, gubernur yang akrab disapa Emil ini mengimbau ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar untuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Pasalnya Emil ingin ASN menjadi contoh bagi masyarakat dalam penanganan covid-19.






    "Saya ingatkan, ASN dilarang mudik, tidak ada alasan yang sifatnya pribadi. Bagi mereka yang melanggar, sanksi sudah disiapkan baik dari arahan pemerintah pusat maupun kebijakan dari gubernur," ujar Emil, di Bandung, Jumat, 16 April 2021.

    Baca: Larang Mudik Lebaran, Ini Alasan Jokowi

    Emil menuturkan, tidak ada alasan bagi ASN untuk mudik saat Lebaran nanti. Emil pun akan mengawasi melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk memastikan tidak ada ASN yang mudik melalui daftar kehadiran usai lebaran.

    "Saya titip, namanya ASN itu teladan. Kalau negara sudah memutuskan (dilarang mudik), maka semua harus (taat), tidak boleh banyak alasan," sahutnya

    Emil mengaku telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jabar untuk menyiapkan skenario penyekatan sebagai antisipasi mudik di daerah Jabar. Dia meminta agar masyarakat paham perihal alasan larangan mudik, lantaran pandemi yang belum berakhir.

    "Jangan sampai gara-gara kita memaksa mudik para lansia di kampung yang belum sempat tervaksin akhirnya menjadi korban keegoisan kita ingin memaksakan diri mudik," ungkapnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id