201 Petugas di RSUD Tarakan Terpapar Covid-19

    Antara - 08 Januari 2021 19:41 WIB
    201 Petugas di RSUD Tarakan Terpapar Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Tarakan: Sebanyak 201 petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Kalimantan Utara, positif covid-19. Walhasil, penutupan pelayanan rawat jalan diperpanjang hingga 17 Januari 2021.

    "Itu hasil dari tracing yang kita lakukan," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama RSUD Tarakan, M. Hasbi Hasyim, di Tarakan, Jumat,  8 Januari 2021.

    Jumlah petugas di RSUD Tarakan yang terpapar covid-19 per 7 Januari 2021 semakin meningkat. Dengan rincian, dokter spesialis sebanyak enam orang, dokter umum/gigi sebanyak 15 orang, kefarmasian sebanyak 67 orang, perawat/bidan sebanyak 77 orang, tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 11 orang dan nonnakes sebanyak 34 orang.

    Pihak RSUD Tarakan akan memperpanjang penutupan total beberapa pelayanan. Yaitu Instalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Rawat Jalan (Poliklinik), Instalasi Bedah Sentral dan Pemeriksaan PCR Mandiri.

    Baca: Kasus Covid-19 di Jakarta Bertambah Hampir 3 Ribu Orang

    Pelayanan ditutup mulai 11 Januari 2021 hingga 17 Januari 2021, dibuka kembali pada tanggal 18 Januari 2021. Sedangkan pelayanan yang masih dibuka yakni Instalasi Rehab Medik (fisioterapi) pendaftaran via daring untuk pasien yang sudah terprogram dan rujukan masih berlaku, Unit Hemodialisa pendaftaran manual dan pemeriksaan rapid antigen mandiri.

    "Saat ini kapasitas 100 bed sudah penuh, ekstra bed dikeluarkan tidak banyak hanya 10 bed," kata Hasbi.

    Dia menerangkan, penambahan tempat tidur bisa lebih dari jumlah tersebut. Namun, bila ditaruh koridor, tidak etis dan tidak memenuhi syarat.

    "Saat ini, kita susah cari tenaga (kesehatan). Sudah mengumumkan membutuhkan 15 tenaga farmasi, kurang dari 10 orang yang mendaftar bahkan ada yang mundur begitu tahu mau ditaruh di ruang covid-19," jelasnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id