DIY Akuisisi 2 Hotel untuk Kembangkan UMKM

    Ahmad Mustaqim - 22 Oktober 2020 10:31 WIB
    DIY Akuisisi 2 Hotel untuk Kembangkan UMKM
    Salah satu gedung Hotel Mutiara yang akan dipakai untuk fasilitas UMKM di DIY. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana memberikan tempat pengembangan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Malioboro. Dua bangunan bekas Hotel Mutiara akan disulap menjadi fasilitas penunjang UMKM.

    Paniradya Keistimewan DIY, Aris Eko Nugroho, menjelaskan, ada dua bangunan Hotel Mutiara yang akan dibeli. Seluruh anggaran yang dipakai berasal dari Dana Keistimewaan. 

    "Total anggarannya Rp170 miliar. Itu untuk membeli lahan dan bangunan (Hotel Mutiara)," kata Aris, Kamis, 22 Oktober 2020. 

    Menurut Aris, proses pembelian dua bangunan itu telah diproses sejak Februari 2020. Ia menyebut, pembayaran sudah dilakukan pada September. 

    Ia melanjutkan salah satu bangunan hotel memiliki luas lahan sekitar 1.840 meter persegi serta luas bangunan sekitar 5.050 meter persegi. Sedangkan satu bangunan sisanya dengan luas lahan sekitar 880 meter persegi dan luas bangunan 3.576 meter persegi. 

    Baca juga: 3 Selamat dari Longsor Tambang Batu Bara di Muara Enim

    Secara konstruksi, bangunan itu berdiri sejak 1972 atau kini berusia sekitar 48 tahun. Sementara, satu bangunan lagi berdiri pada 1981 atau dengan usia 39 tahun. 

    "Bangunan (Hotel Mutiara) bukan termasuk cagar budaya. Kalau cagar budaya umumnya berusia minimal 50 tahun," ungkapnya.

    Setelah proses akuisisi selesai, katanya, Pemerintah DIY bersiap melakukan uji konstruksi bangunan dengan tujuan melihat kualitas bangunan. Selain itu, dilakukan kajian pengelolaan bangunan agar bisa mengetahui rencana pengelolaan yang baik.

    Pantauan di lapangan, Hotel Mutiara tampak seperti bangunan kosong dilihat dari Jalan Malioboro. Meskipun, masih ada sejumlah aktivitas pegawai hotel di dalamnya. Namun, dua bangunan Hotel Mutiara sudah diberikan pagar pembatas. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id