9 Proyek Jalan Tol Rampung dalam 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

    Medcom - 20 Oktober 2020 12:17 WIB
    9 Proyek Jalan Tol Rampung dalam 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
    Ruas tol Palembang-Kayu Agung. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
    Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin genap berusia satu tahun pada hari ini, Selasa, 20 Oktober 2020. Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol di seluruh pelosok Tanah Air dikerjakan untuk mempercepat ekspansi ekonomi.

    Meski di tengah pandemi covid-19, Jokowi ingin pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan tol tetap berjalan. Ia tak mau pembangunan Indonesia semakin tertinggal.
     
    "Karena memang posisi infrastruktur di negara kita masih sangat tertinggal dibanding negara-negara lain," kata Jokowi.

    Pembangunan infrastruktur jalan tol di sejumlah daerah diyakini dapat menjadi penghubung untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat.

    Berikut sembilan pembangunan jalan tol yang sudah diresmikan Presiden Jokowi sejak 2019.
     

    1. Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

    Jalan tol terpanjang di Indonesia ini menghubungkan Lampung hingga Palembang sepanjang 189 kilometer. Jokowi meresmikan jalan tol trans-Sumatera ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di gerbang tol KM 240, Kabupaten Mesuji, pada Jumat, 15 November 2019. 

    Jokowi juga menargetkan Tol Trans Sumatera secara keseluruhan tersambung pada 2024. Sehingga mobilitas barang, orang, jaringan logistik akan baik. "Stok infrastruktur kita akan semakin meningkat sehingga competitiveness index kita akan menjadi sangat baik," ujar Jokowi.
    Proyek Jalan Tol Rampung dalam 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Maruf
    Ruas tol Terbanggi Besar, Lampung. Foto: Antara/Ardiansyah
     

    2. Jalan tol Kunciran-Serpong (JORR 2)

    Jalan Tol Ruas Kunciran-Serpong. Tol Kunciran-Serpong diresmikan pada 6 Desember 2019. Jalan diharapkan bisa mengurai kemacetan dari Tangerang ke Jakarta.
     
    Jokowi juga berharap kawasan industri di Jakarta dan Banten semakin terintegrasi dengan ruas tol anyar ini. Sehingga distribusi logistik lebih mudah dan lancar. Terutama, distribusi barang yang melewati Pelabuhan Merak.

    Tol Kunciran-Serpong terbagi atas dua paket pekerjaan, yakni Paket 1 Kunciran-Parigi sepanjang 6,7 kilometer digarap oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Kemudian, paket 2 Parigi-Serpong sepanjang 4,4 kilometer yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO).
     
    Pembangunan Tol Kunciran-Serpong menelan dana sekitar Rp 2 triliun. Rinciannya, nilai kontrak Paket I Rp 1,4 triliun, sedangkan Paket II senilai Rp 600,3 miliar. Sumber pendanaannya diusahakan oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) sebagai pemegang konsesi.
    Tol Kunciran - Serpong
    Tol Kunciran - Serpong. Foto: Antara/M Iqbal

    3. Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

    Jalan tol yang memilki sembilan zona konstruksi ini diresmikan Jokowi, Kamis, 12 Desember 2019. Jalan tol layang itu sepanjang 36,4 kilometer ini dikhususkan buat kendaraan bertonase ringan golongan I dan II. Namun, dari aspek struktur jalan tol layang ini mampu menahan kendaraan bertonase besar. 

    Jalan Tol Layang Japek ini berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek.
     

    4. Jalan tol Balikpapan-Samarinda

    Tol yang dibangun sejak Desember 2014, sudah bisa dinikmati mulai 17 Desember 2019. 
    Jalan tol sepanjang 99,3 kilometer itu akan memangkas waktu tempuh dari dan menuju ibu kota baru. 

    Biasanya, waktu yang dibutuhkan dari Balikpapan ke Samarinda sekitar dua sampai tiga jam. Dengan tol pertama ini hanya memakan waktu satu jam.

    Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki 5 seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (Km 13) – Sepinggan (11,500 Km), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,025 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,975 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,300 Km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (17,550 Km).
     

    5. Jalan Tol Pandaan-Malang

    Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V (Pakis-Malang) mulai beroperasi sejak 7 April 2020. Ruas tol sepanjang 3,113 km tersebut telah diuji coba pengoperasian.

     Seksi V Pakis-Malang merupakan bagian dari Jalan Tol Pandaan Malang sepanjang 38,48 km. Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,050 km, Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km, Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,113 km.
    Tol Pandaan - Malang
    Tol Pandaan - Malang. Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
     

    6. Jalan Tol Depok-Antasari

    Tol Desari (Depok - Antasari) seksi II ruas jalan Brigif - Sawangan sepanjang 6,3 kilometer mulai beroperasi pada Jumat, 3 Juli 2020. Tol Desari seksi II terdiri dari empat gerbang, yaitu Gerbang Krukut 1, Krukut 4, Sawangan 1 dan Sawangan 4.

    Secara keseluruhan Tol Desari memiliki panjang 28 km yang terdiri dari empat tahap, yaitu seksi I Antasari-Brigif, seksi II Brigif-Sawangan, seksi III Sawangan-Bojonggede, seksi IV Bojonggede-Salabenda. Ruas tol tersebut rencananya akan tersambung dengan ruas Tol Lingkar Jakarta 2 (Cinere-Cimanggis dan Lingkar Luar Bogor (BORR) dan Jalan Ciawi-Sukabumi. 
     

    7. Jalan Tol Banda Aceh-Sigli

    Tol Blang Bintang-Indrapuri diresmikan pada 25 Agustus 2020 ini menjadi tol pertama di Provinsi Banda Aceh. Proyek Tol Blang Bintang-Indrapuri sepanjang 13,5 kilometer ini bagian dari proyek Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer.
     

    8. Jalan tol Pekanbaru-Dumai

    Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer ini resmi beroperasi pada 25 September 2020. Masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol itu untuk mendukung kegiatan produktif.

    Tol Pekanbaru-Dumai terdiri atas enam seksi, yakni Seksi 1 Pekanbaru-Minas, Seksi 2 Minas-Kandis Selatan, Seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara, Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan, Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara dan Seksi 6 Duri Utara-Dumai.
    Tol Pekan Baru - Dumai
    Tol Pekan Baru - Dumai. Foto: Antara/FB Anggoro
     

    9. Jalan Tol Manado- Bitung

    Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat,Selasa, 29 September 2020. 

    Tol sepanjang kurang lebih 26 kilometerdibangun dalam dua seksi, yaitu Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

    Adapun Seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh badan usaha jalan tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung. Untuk Seksi 2, Tol Air Manado-Bitung ini dibangun menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp6,19 triliun. 

    Tak hanya infrastruktur darat, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf juga menggejot jembatan udara. Tujuannya wilayah yang sulit diakses melalui jalur darat dapat dijangkau. Pemerintah terus mengupayakan kemudahan akses dengan membangun jembatan udara agar menurunkan jurang perbedaan atau disparitas harga barang sehingga perekonomian semakin tumbuh.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id