Palak Toko di Solo, 9 Preman Bersamurai Ditangkap

    Triawati Prihatsari - 26 Februari 2021 17:54 WIB
    Palak Toko di Solo, 9 Preman Bersamurai Ditangkap
    Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menunjukkan BB pelaku tindak premanisme, di Polresta solo, Jumat, 26 Februari 2021. Medcom.id/Triawati



    Solo: Polresta Solo menangkap sembilan pelaku tindak premanisme dan menyatakan 10 lainnya dalam daftar pencarian orang (DPO). Melalui penangkapan tersebut, sekaligus dijadikan momen bagi Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi memperingatkan agar para DPO menyerahkan diri.

    "Kita imbau agar segera menyerah. Akan kita jebol sampai akar-akarnya, kelompok tertentu yang menjurus premanisme di Kota Solo. Khususnya di Jawa Tengah tidak ada kegiatan masyarakat yang menjurus premanisme," tegas Luthfi, di Solo, Jumat, 26 Februari 2021.






    Dari sembilan pelaku, enam di antaranya ditangkap atas tindak perkara kekerasan disertai penganiayaan dan pengrusakan di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo pada14 Februari 2021 lalu. Ke enam pelaku menggunakan senjata samurai dalam melakukan aksinya.

    Baca: 134 Pasien RSJ Lawang Terpapar Covid-19

    Dari tempat kejadian perkara (TKP) di Kelurahan Sondakan tersebut, Polresta Solo menetapkan delapan orang dalam DPO. Sedangkan di TKP Kelurahan Danukusuma, Kecamatan Serengan, Kota Solo, ditangkap tiga pelaku premanisme lain yang beraksi pada 11 Februari 2021. 

    "Dari TKP yang Kelurahan Danukusuman kita tetapkan dua orang dalam DPO," lanjutnya.

    Dalam aksi mereka, Polresta Solo menyita delapan samurai dan satu pedang katana sebagai barang bukti (BB) bersama BB lainnya. Modus yang dilakukan para pelaku dalam aksinya yaitu dengan mengancam korban menggunakan senjata tajam yang mereka bawa. 

    Salah satu pelaku mengakui menerima ajakan untuk melakukan sweeping dari salah satu temannya di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo.

    "Saya diajak melakukan sweeping oleh salah satu teman. Sekarang dia masuk DPO," ujarnya. 



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id