Rumah Pengoplos Gas Elpiji Telah 1 Tahun Beroperasi

    Hendrik Simorangkir - 02 Februari 2018 13:18 WIB
    Rumah Pengoplos Gas Elpiji Telah 1 Tahun Beroperasi
    Gas oplosan di Tangerang - Medcom.id/Lukman Diah Sari.
    Tangerang: Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan menyebut, aktifitas pengoplosan gas elpiji 3 kilogram ke tabung elpiji 12 kilogram selalu tertutup. Tersangka diketahui sudah menjalani aksinya selama satu tahun. 

    "Aktifitas tersangka selalu dimulai pada sore hingga malam hari. Di rumah ini tersangka sudah beroperasi selama 1 tahun," ujar Harry, Jumat 2 Februari 2018. 

    Harry mengatakan, pihaknya masih menyelidiki dari mana para tersangka mendapat suplai gas elpiji 3 kilogram untuk disuntikan ke gas elpiji 12 kilogram. 

    "Juga menyelidiki apakah ada keterkaitan dengan gudang pengoplos di wilayah Cipondoh," tambahnya. 

    Harry menambahkan, dalam sehari pelaku dapat memproduksi 50 tabung gas ukuran 12 kilogram. Tabung gas yang telah dioplos, kata Harry, kemudian didistribusikan ke wilayah Tangerang. 

    Baca: Rumah Pengoplos Elpiji di Tangerang Digerebek

    Pantauan di lokasi, rumah yang berdiri di tengah perkampungan tersebut ditutupi seng dan bambu. Ian salah satu warga mengatakan, aktifitas di dalam rumah tidak pernah terlihat, karena tertutup. Selain itu, sehari-hari para tersangka tak pernah bersosialisasi dengan warga. 

    "Saya tak pernah tahu kalau di dalam rumah itu ada oplosan gas. Saya hanya dengar tiap malam ada suara seperti pengisian gitu," ucap pria yang tinggal persis di depan lokasi penggerebekan.

    Dalam penggerebekan di salah satu rumah di Kampung Kandang Kambing, RT 05, RW 02, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Polisi membekuk lima tersangka yakni WP, C, MD, AF, dan S. WP adalah penanggung jawab pengoplos gas dari dalam tabung elpijji 3 kilogram ke tabung 12 kilogram. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Undang-Undang Migas dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dengan ancaman minimal lima tahun penjara. 


    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id