Petani Jagung Konawe Utara Butuh Pembeli

    Antara - 07 April 2017 09:59 WIB
    Petani Jagung Konawe Utara Butuh Pembeli
    Ilustrasi -- ANT/Abriawan Abhe
    medcom.id, Wanggudu: Petani jagung di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, butuh pembeli untuk menampung hasil panen mereka. Tanaman jagung petani saat ini tidak laku karena tidak ada pembeli.

    "Ribuan ton produksi jagung petani Konawe Utara saat ini hanya menumpuk karena tidak ada pembeli yang bisa menampung ribuan ton jagung tersebut," kata anggota DPRD Kabupaten Konawe Utara Nurtan Jaya diWanggudu, Sulawesi Tenggara, Jumat, 7 April 2017.

    Nurtan menjelaskan,  jagung yang ditanam petani bukan jagung yang dapat dikonsumsi warga, melainkan jagung untuk bahan pakan ternak. Ribuan ton jagung itu kini terancam rusak dimakan ulat.

    "Kalau produksi jagung para petani tidak laku dan rusak dimakan ulat, maka para petani akan frustasi dan tidak akan menggeluti tanaman jagung untuk bahan pakan ternak lagi," katanya.

    Nurtan meminta Pemerintah Kabupten Konawe Utara mencarikan pembeli jagung yang dapat menampung jagung para petani yang saat ini masih menumpuk di tempat-tempat penyimpanan jagung.

    "Petani Konawe Utara mengembangkan budi daya tanaman jagung untuk bahan pakan ternak atas dorongan pemerintah setempat. Oleh karena itu, Pemerintah Konawe Utara harus bertanggung jawab mencarikan pembeli jagung sehingga jagung para petani bisa laku terjual," katanya.

    Seharusnya, lanjut Nurtan, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara terlebih dahulu mencarikan perusahaan yang bersedia menampung produksi jagung sebelum petani didorong mengembangkan tanaman jagung untuk bahan pakan ternak. Dengan begitu, saat para petani jagung melakukan panen raya, hasilnya bisa langsung terserap oleh perusahaan pembeli jagung.

    (NIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id