comscore

Boon Pring di Turen Malang Jadi Wisata Kelas ASEAN

Daviq Umar Al Faruq - 13 Mei 2022 15:52 WIB
Boon Pring di Turen Malang Jadi Wisata Kelas ASEAN
Bupati Malang, M Sanusi/Dok. Humas Pemkab Malang.
Malang: Wisata Andeman Boon Pring di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, baru saja memperoleh penghargaan The 5th ASEAN RDPE (Rural Development and Property Eradication) Award. Salah satu wisata desa andalan Kabupaten Malang ini dikelola oleh BUMDes Kerto Raharjo.

Bupati Malang, M Sanusi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang siap memberi dukungan penuh atas naiknya status desa wisata Boon Pring di kancah ASEAN. Dukungan itu akan diwujudkan dengan kelengkapan sarana penunjang seperti pelebaran jalan akses menuju ke wisata Boon Pring ini mulai dari pintu masuk Desa Sanankerto hingga lokasi tempat wisata. 
"Dengan demikian kemajuan di desa ini akan berkembang dan Pemkab Malang akan mendukung fasilitas umumnya seperti pelebaran jalan sesuaikan dengan standar dunia sehingga bus pariwisata bisa masuk dan itu sudah dianggarkan di Dinas Bina Marga pada tahun 2022 mulai pintu masuk hingga ke lokasi tempat wisata," katanya, Jumat 13 Mei 2022.

Sanusi mengaku, Desa Sanankerto dengan Boon Pring yang sudah masuk di kelas ASEAN ini diyakini oleh dari Kementerian Desa dan PDTT bisa naik ke level Asia. Sehingga, wisata ini diharapkan bisa menembus level dunia dengan juga menyandang predikat sebagai BUMDes terbaik di Indonesia. 

Oleh karena itu, Sanusi mengapresiasi desa-desa yang mau berkreasi sehingga desa itu bisa dikenal baik dalam tingkat lokal hingga mancanegara. Dengan meningkatkan prestasinya untuk kelas dunia, maka desa-desa yang lain dapat menjelma menjadi Desa Sanankerto dan Pujon Kidul.

"Semua potensi yang ada baik wisata alamnya, usaha desanya, UMKM nya maupun potensi hortikultura lain untuk dikembangkan dikemas menjadi tujuan wisata nasional. Semua potensi yang di Kabupaten Malang, kita arahkan untuk bisa menjadi destinasi wisata yang bertaraf nasional hingga internasional," jelas Sanusi.

Sebelumnya, Dirjen PDP Kementerian Desa dan PDTT, Sugito, mengatakan, Boon Pring adalah salah satu dari tiga jagoan wisata di Jawa Timur dan sekarang sudah menjadi salah satu jagoan di ASEAN. Menurutnya, Boon Pring yang mungkin pertama kali dikenal hanya di Kabupaten Malang namun kini sudah menjadi jagoan desa wisata di Jawa Timur, selain di Gresik dan Tulungagung.

"Pada lomba di tingkat ASEAN yakni di Asia Tenggara karena memang programnya untuk senior official meeting adalah program pembangunan desa dan penanggulangan kemiskinan dalam RDPE Awards, Boonpring juara. Boonpring ini levelnya sudah di ASEAN dan kami berharap pula kelasnya juga di naikkan," katanya.

 

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id