comscore

MUI Jatim Pastikan Kelompok Mahfudijanto Pasuruan Aliran Sesat

MetroTV - 18 Mei 2022 15:00 WIB
MUI Jatim Pastikan Kelompok Mahfudijanto Pasuruan Aliran Sesat
Ketua Fatwa MUI Jawa Timur Makruf Khozin. (Metro TV)
Surabaya: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur mengeluarkan 10 kriteria aliran sesat atau penyimpangan dari ajaran islam. Salah satunya Kelompok Mahfudijanto di Pasuruan.

"Mereka mengajarkan untuk tidak mempercayai rukun Islam, tidak perlu bersyahadat, dan ini sudah masuk dalam 10 kategori aliran sesat di dalam agama Islam yang ditetapkan oleh MUI," tutur Ketua Fatwa MUI Jawa Timur Makruf Khozin, Rabu, 18 Mei 2022.
Makruf membeberkan 10 kriteria aliran sesat itu antara lain adanya pengakuan tuhan selain Allah, pengakuan nabi setelah Nabi Muhammad SAW, meragukan hari kiamat, mempercayai kitab suci selain Al-Qur'an, menghina ajaran Islam seperti salat, menghina amalan Islam serta mengkafirkan sesama muslim. 

Kelompok Mahfudijanto, kata dia, memiliki keyakinan dan cara beragama yang menyimpang dari ketetapan alquran dan hadis.

Baca juga: Kelompok Aliran Sesat Muncul di Pasuruan

"Mereka mengakui mempelajari kitab suci dengan langsung berguru kepada Allah, ini merupakan hal yang tidak masuk akal," ujarnya.

MUI Jawa Timur mengajak para pengikut kelompok tersebut untuk kembali ke ajaran islam yang benar dan mengimbau masyarakat lebih jeli dalam memilih kiai, ustaz maupun tokoh panutan dalam beragama.

Sebelumnya, sebuah kelompok yang diduga aliran sesat dan menyelewengkan ajaran islam muncul di wilayah Kecamatan Purwosari dan Wonorejo Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Salah satu penganut kelompok Mahfudijanto mengaku mereka mengingkari syahadat. Selain itu, para pengikut aliran sesat yang jumlahnya hanya belasan orang ini juga menolak hadis karena dianggapnya muncul dari manusia bukan alquran.

Saat ini MUI Pasuruan meminta polisi mengawasi lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya kelompok aliran sesat tersebut, untuk menghindari aksi main hakim sendiri. (Apryanto Catur Irawan/Narendra Wisnu)

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id