Pembangunan Jembatan Sumsel-Babel Tak Ganggu KEK TAA

    Gonti Hadi Wibowo - 10 November 2019 17:03 WIB
    Pembangunan Jembatan Sumsel-Babel Tak Ganggu KEK TAA
    Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
    Palembang: Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menepis tuduhan pembangunan jembatan penghubung Sumsel dan Bangka Belitung (Babel) tak menganggu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA). Pihaknya mengaku jembatan yang dibangun dengan panjang 13 kilometer itu lebih banyak menguntungkan Babel ketimbang Sumsel.

    "Yang sangat berkeinginan adanya jembatan Sumsel-Babel itu memang Bangka, karena mereka butuh komiditas dari Sumsel seperti beras dan sembilan bahan pokok lainnya," kata Herman Deru, Minggu, 10 November 2019.

    Herman menepis tuduhan jembatan Sumsel-Babel itu menganggu KEK TAA, keduanya tidak berhubungan. Adanya jembatan Sumsel-Babel sangat mungkin komoditas yang dimiliki Babel seperti timah bisa terfokus di KEK TAA.

    "Mereka itu penghasil tambang dan bukan pabrikan atau industrinya sehingga nanti bisa difokuskan ke KEK TAA. Mereka juga punya pariwisata sehingga Sumsel juga diuntungkan," ungkapnya.

    Pihaknya bakal mengundang Gubernur Bangka untuk membicarakan mengenai jembatan Sumsel-Bangka saat Presiden Joko Widodo meresmikan  proyek jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) di Palembang nantinya.

    "Sebelum akhir tahun 2019 ini Presiden akan meresmikan tol Kapal Betung. Saat peresmian itu saya akan bicara dengan pak Jokowi dan juga saya akan mengundang Gubernur Babel untuk berbicara bersama,” ujarnya.

    Mega proyek pembangunan jembatan Sumsel-Babel akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan dana sekitar Rp 15 triliun. Lokasi jembatan berada di Desa Tanjung Tapa, Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel menuju Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id