Warga Jepara Diminta Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

    Rhobi Shani - 09 Desember 2019 16:56 WIB
    Warga Jepara Diminta Waspada Hujan Disertai Angin Kencang
    Pemangkasan pohon di awasan Jepara Kota, Senin, 9 Desember 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Jepara: Hujan di awal perubahan musim kerap disertai dengan angin kencang. Hujan disertai angin kencang kerap ditandai dengan munculnya awan hitam pekat sebelum hujan turun.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, meminta warga meningkatkan kewaspadaan. Pada masa perubahan cuaca seperi, angin kerap muncul menyertai hujan.

    "Beberapa hari terakhir ini sudah. Kemarin hujan lebat disertai angin mengakibatkan pohon-pohon tumbang di Desa Bandengan. Sebelumnya di Gudang Sawo Desa Mulyoharjo," kata Arwin di Jepara, Senin, 9 Desember 2019.

    Pada masa perubahan musim ini BPBD telah berkoordinasi dengan relawan yang tersebar di desa-desa. Selain itu, sejumlah perlengkapan untu menangani dampak hujan di sertai angin kencang juga sudah disipakan. Itu seperti mesin pemotong pohon dan kayu.

    "BPBD dan relawan siap 24 jam. Mesin-mesin pemotong pohon dan kayu sudah diasah semua, siap pakai. Kami punya belasan mesin potong," jelas Arwin.

    Untuk mengurangi risiko pohon tumbang, Arwin meminta masyarakat berkoordinasi dengan Dinal Lingkungan Hidup (DLH). Nantinya yang akan melakukan pemangkasan terhadap pohon rawan tumbang DLH.

    Terpisah Kepala DLH Kabupaten Jepara, Farikha Elida, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pemangkasan sejumlah pohon rawan tumbang di kawasan perkotaan. Pihaknya juga melakukan pemangkasan pohon di sejumlah wilayah atas permintaan warga.

    "Ini masih mengerjakan di kawasan kota. Tapi kalau ada masyarakat yang minta, ya nanti akan ada beberapa pekerja yang kami alihkan untuk membantu warga memangkas pohon," ungkap Elida.

    Pantauan Medcom.id, sejumlah pekerja DLH tengah melakukan pemangkasan pohon di Jalan Ki Mangunsarkoro, Jalan Dr. Sutomo, dan Jalan Untung Suropati sejak sepekan lalu.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id