519 Warga Jatim dari Wamena Tiba di Surabaya - Medcom

    519 Warga Jatim dari Wamena Tiba di Surabaya

    Amaluddin - 17 Oktober 2019 17:37 WIB
    519 Warga Jatim dari Wamena Tiba di Surabaya
    Ratusan warga Jatim yang selamat dari kerusuhan di Wamena, Papua, tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis, 17 Oktober 2019. (Dok: ACT Jatim)
    Surabaya: Ratusan warga Jawa Timur yang selamat dari kerusuhan di Wamena, Papua, tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis, 17 Oktober 2019. Pemulangan warga Jatim kali ini, menggunakan KM Dobonsolo dari Jayapura, Papua, sejak 10 Oktober 2019.

    "Ada sekitar 519 warga Jatim yang pulang dari Wamena hari ini," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jatim, Jonathan Judianto.

    Sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, mereka terlebih dahulu dibawa ke Asrama Transito milik Disnakertrans Jatim, di Jalan Margorejo Surabaya. Tujuannya untuk didata identitas mereka.

    "Setelah itu, kemudian baru mereka diantar pulang ke kampung halamannya masing-masing menggunakan bus yang telah disiapkan Pemprov," kata Jonathan.

    Jonathan belum bisa merinci mereka terbanyak berasal dari daerah mana. Kata Jonathan, ratusan warga Jatim itu berasal dari berbagai daerah seperti Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. "Sebagian besar mereka berasal dari empat daerah itu," ujarnya.

    Sementara itu, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jatim bekerjasama dengan Pelindo dan Pemprov Jatim, turut membantu memfasilitasi warga Jatim yang baru tiba di Surabaya. Dengan cara menyiapkan layanan kesehatan dan makan gratis.

    "Kami juga memberikan layanan psikososial untuk menghibur anak-anak warga Jatim, yang sebelumnya mengungsi di Wamena, Papua," kata Kepala Cabang ACT Jatim, Wahyu Sulistianto Putro.

    Dalam kesempatan yang sama, Amiroh salah satu warga asal Trenggalek mengaku bahagia bisa sampai ke Jatim. Meski trauma, Amiroh mengaku tetap ingin kembali ke Wamena, Papua, jika situasi kembali stabil dan kondusif.

    "Kami bersyukur bisa kembali ke Jawa Timur dengan selamat. Kami berharap jika bisa kembali ke Wamena, kalau kondisi disana sudah kondusif seperti sedia kala," kata ibu satu anak itu.
     



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id