BPBD Biak Usulkan Pengadaan Alat Deteksi Dini Tsunami

    Antara - 22 Juli 2019 12:14 WIB
    BPBD Biak Usulkan Pengadaan Alat Deteksi Dini Tsunami
    Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
    Biak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengusulkan pengadaan empat unit alat peringatan dini tsunami sebagai antisipasi mencegah pengurangan risiko bencana. Permintaan tersebut karena Biak masuk zona rawan bencana.

    "Biak masuk kawasan zona rawan bencana karena berada di wilayah lautan pasifik sehingga dibutuhkan pemasangan empat alat peringatan deteksi dini tsunami untuk dipasang di dua wilayah daratan Biak dan wilayah kepulauan Pulau Biak," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Biak Alfeus Yerangga di Biak, Senin, 22 Juli 2019.

    Alfeus menjelaskan Biak masuk ke dalam daerah yang berpotensi dilanda gempa bumi dan tsunami sehingga diperlukan sarana deteksi dini bencana alam sebagai antisipasi kewaspadaan mengurangi risiko bencana alam.

    Dengan menyediakan alat pendeteksi peralatan dini bencana, terutama akan dipasang bagi daerah yang berada di sepanjang pesisir pantai daratan Biak dan Warsa bisa meminimalisir korban jika ada bencana.

    Sedangkan dua unit peralatan deteksi dini pencegahan tsunami sangat dibutuhkan untuk dipasang di daerah Kepulauan Padaido/Aimando dan Pulau Numfor.

    "BPBD Biak sudah mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui BNPB untuk pengadaan peralatan peringatan deteksi dini pencegahan tsunami," kata mantan Kepala Dinas Sosial Biak tersebut.

    Alfeus menyebut musibah gempa bumi dan gelombang pasang tsunami memang tidak bisa dipastikan, namun yang terpenting adalah masyarakat harus mengetahui mitigasi bencana untuk meminimalisasi jumlah korban saat bencana datang.

    Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) wilayah Kepulauan Biak merupakan daerah yang berada di lautan Pasifik sehingga berpotensi sebagai kawasan zona rawan bencana alam dan tsunami.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id