Pergerakan Tanah di Ngamprah Ancam Warga

    Depi Gunawan - 12 Februari 2020 11:29 WIB
    Pergerakan Tanah di Ngamprah Ancam Warga
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Bandung: Warga Kampung Hegarmanah, RT 03/04, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, diungsikan. Pergerakan tanah dan longsor susulan mengancam kawasan tersebut. 

    "Sebetulnya, pergerakan tanah terjadi sejak pekan lalu menutupi gorong-gorong air. Saya sudah laporkan kejadian itu kepada pengelola tol dan sudah dilakukan penyedotan, namun tidak maksimal sehingga berimbas pada kejadian longsor saat ini," kata Ketua RW setempat, Wahyudin, Rabu, 12 Februari 2020.

    Wahyudin mengaku pergerakan tanah terus terjadi, bahkan material longsor nyaris mendekati permukiman. Warga menduga longsor diakibatkan sumbatan jalur air di bawah tol yang tidak jauh dari permukiman warga.

    Sebelumnya longsor terjadi di Kampung Hergarmanah, Desa Sukatani, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Selasa malam, 11 Februari 2020, atau berada di dekat Tol Cipularang di kilometer 118. Titik longsor tidak sampai menganggu lalu lintas di jalan tol.

    Kepala BPDB Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan longsor tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun sekira 80 kepala keluarga atau 240 jiwa harus mengungsi. 

    "Di lokasi kejadian, kami sudah mendirikan posko kebencanaan," terang Duddy.

    Sementara  itu, polisi membentuk satgas penanganan untuk menyelidiki penyebab longsor. Koordinasi masih dilakukan antara polisi dan BPBD.

    "Termasuk pengamanan aset warga yang terdampak," ucap Kapolres Cimahi AKBP M. Yoris Maulana.





    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id