Khofifah Minta Sekolah dan Wisata di Jatim Tetap Beroperasi

    Amaluddin - 15 Maret 2020 10:13 WIB
    Khofifah Minta Sekolah dan Wisata di Jatim Tetap Beroperasi
    Gubernur Jawa TImur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menginstruksikan proses belajar mengajar di sekolah dan tempat wisata di daerahnya tetap beroperasi. Ia hanya meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan.

    "Kita tidak akan menutup lokasi wisata dan proses belajar tetap berjalan. Yang penting meningkatkan kewaspadaan dengan menyiapkan sarana pelindung diri," kata Khofifah, Minggu, 15 Maret 2020.

    Menurut Khofifah, pengelola tempat wisata dan mal hanya perlu menyediakan fasilitas cuci tangan dan membagikan masker untuk mencegah penyebaran korona. Termasuk juga memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung.

    “Kita minta waspada, sekolah-sekolah diharapkan memiliki saluran air untuk cuci tangan. Mereka bisa menyiapkan dalam bentuk sederhana melalui pipa dan ada hand sanitizer," jelasnya.

    Baca juga: Menteri Tito dan Istri Tak Sakit

    Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya menetapkan wabah covid-19 sebagai pandemik. WHO pun memberikan lima poin tindakan-tindakan yang harus segera dilakukan pemerintah Indonesia untuk mencegah virus agar tidak terus menyebar.

    Pertama, meningkatkan mekanisme tanggap darurat, termasuk menyatakan status darurat nasional. Kedua, mendidik dan berkomunikasi aktif dengan publik terkait risiko dan keterlibatan masyarakat. Ketiga, mengintensifikasi penemuan kasus, pelacakan kontak, pemantauan, karantina, dan isolasi kasus.

    Keempat, meningkatkan pengawasan covid-19 menggunakan sistem pengawasan penyakit pernapasan yang ada dan pengawasan berbasis rumah sakit. Dan kelima, uji kasus yang dicurigai per definisi kasus WHO, kontak kasus yang dikonfirmasi, dan menguji pasien yang diidentifikasi melalui pengawasan penyakit pernapasan.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id