Khofifah Siapkan 44 RS Rujukan Pasien Diduga Korona

    Amaluddin - 16 Maret 2020 19:32 WIB
    Khofifah Siapkan 44 RS Rujukan Pasien Diduga Korona
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Surabaya: Sebanyak 44 rumah sakit yang tersebar di Jawa Timur menjadi RS rujukan pertama bagi pasien gejala terindikasi virus korona covid-19. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat memeriksakan diri ke RS tersebut jika mengalami gejala panas, batuk, pilek, dan sesak napas.

    "Setelah dari RS rujukan pertama dan mengarah pada covid-19, nanti akan dirujuk ke RS rujukan utama yang ada di Jatim," kata Khofifah di Surabaya, Senin, 16 Maret 2020.

    Khofifah menjelaskan puluhan RS rujukan pertama ini sudah memenuhi empat kriteria, yakni memiliki ruang isolasi, dokter spesialis paru dan radiologi, dan sudah masuk RS tipe B.

    Adapun 44 RS rujukan pertama itu, di antaranya RSUD dr. Soebandi Jember, RSUD dr. R. Koesma Tuban, RSUD dr. S. Djatikoesoemo Bojonegoro, RS Pare Kediri, RSUD Blambangan Banyuwangi, RSUD Bangil Pasuruan, RSU Muhammadiyah Lamongan, RSUD Sidoarjo, RSI Jemursari Surabaya.

    Kemudian RSUD dr. Iskak Tulungagung, RSUD Nganjuk, RSUD Pemprov dr. Soekandar Mojokerto, RSUD dr. Haryoto Lumajang, RSUD Kanjuruhan Kepanjen Malang, RSUD dr. Harjono S Ponorogo, dan lainnya. Sementara RS rujukan utama yaitu RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Soedono Madiun, dan RSUD Saiful Anwar Malang, dan RS Unair Surabaya.

    "Jangan tunda lagi jika mengalami gejala yang terindikasi virus korona, seperti demam, batuk, sesak nafas. Kami menjamin seluruh pemeriksaan yang dilakukan di RS tidak berbayar," jelas Khofifah.

    Pemprov Jatim juga menyediakan pusat informasi bagi masyarakat yang masih ragu tentang biaya observasi, dan pengobatan pasien diduga terpapar virus korona. Layanan informasi ini dibuka 24 jam.

    Masyarakat bisa menghubungi pusat informasi itu di nomor telepon 0318430313, layanan ini tesedia dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Untuk layanan 24 jam, masyarakat juga bisa menghubungi melalui aplikasi pesan instan WhatsApp dengan nomor 081334367800.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id