Gubernur DIY Teken IPL Proyek Tol Yogyakarta-Solo

    Ahmad Mustaqim - 08 Juli 2020 23:02 WIB
    Gubernur DIY Teken IPL Proyek Tol Yogyakarta-Solo
    Ilustrasi. Medcom.id
    Yogyakarta: Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Krido Suprayitno, mengatakan berkas izin penetapan lokasi (IPL) proyek Tol Yogyakarta-Solo telah selesai. Ia mengatakan, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menandatangani dokumen IPL itu. 

    "IPL (proyek tol) Yogya-Solo sudah ditandatangani Pak Gubernur hari ini," kata Krido di Yogyakarta, Rabu, 8 Juli 2020. 

    Krido mengatakan, luas lahan terdampak rencana proyek jalan bebas hambatan itu sebanyak 3.006 bidang dengan luasan 177,5 hektare. Ia menyebut, ada 2.978 warga di enam kecamatan terdampak di proyek jalan sejauh 22 kilometer itu. 

    Ia mengungkap, proses pembebasan lahan bisa dilakukan maksimal dua tahun setelah penetapan lokasi. Usai ada kepastikan lokasi, pihaknya akan melakukan pematokan di sejumlah lahan terdampak. 

    Baca: Tiga Tol Akan Dibangun di DIY

    Lahan yang rencana dilakukan pematokan di kawasan Sleman timur ada di Tamanmartani atau berbatasan dengan Jawa Tengah. Di kawasan tengah yakni Kecamatan Depok serta sisi barat ada di Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati. 

    "Kami melaporkan ke pak Gubernur (DIY) pasang patok mulai minggu pertama bulan Agustus," kata mantan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY ini. 

    Sementara, IPL rencana proyek tol Yogyakarta-Bawen masih digodog. Ia memperkirakan IPL tol kedua itu ditarget pada Desember 2020. 

    Krido mengeklaim, pihaknya masih akan belajar proses penguasaan lahan dari proyek tol Yogyakarta-Solo. Sistem pendekatan dilakukan ke setiap individu terdampak proyek.

    "Metode sosialisasi juga pakai protokol kesehatan. Kita sudah menjadwal yang berita tadi sudah muncul. Kami mengundang di desa dulu dengan jadwal sudah kita atur," ujarnya.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id