Sekolah di Malang Diminta Pasang CCTV untuk Pengawasan Siswa

    Daviq Umar Al Faruq - 12 Februari 2020 20:17 WIB
    Sekolah di Malang Diminta Pasang CCTV untuk Pengawasan Siswa
    Ilustrasi layar kamera CCTV di SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
    Malang: Komisi D DPRD Kota Malang meminta seluruh sekolah di Kota Malang, Jawa Timur, menambah pemasangan Closed Circuit Television (CCTV). Ketua Komisi D DPRD Kota Malang, Ahmad Wanedi, mengatakan permintaan penambahan CCTV tersebut untuk mengantisipasi kasus kekerasan di dalam sekolah. Sebab baru-baru ini, kasus perundungan menimpa seorang pelajar SMPN 16 Kota Malang, MS, 13.

    "Kami ingin, tempat-tempat dimana anak-anak itu berkumpul, ditambah CCTV. Sehingga tidak ada pernyataan tidak tahu (peristiwa yang terjadi), khususnya dari pihak sekolah," kata Wanedi saat dikonfirmasi, Rabu, 12 Februari 2020.

    Komisi D DPRD Kota Malang sendiri telah menyampaikan permintaan penambahan CCTV tersebut kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang saat hearing di Gedung DPRD Kota Malang.

    Selain menambah CCTV, DPRD Kota Malang juga meminta agar pihak Disdikbud Kota Malang meningkatkan perannya dalam memberikan pendidikan karakter bagi siswa.

    "Jangan hanya menjadi kegiatan rutin saja, saya minta kepada Kepala Dinas, kasus perundungan ini jadi yang terakhir, dan tidak boleh terjadi lagi di lingkungan sekolah," ungkap Wanedi.

    Wanedi berharap kasus perundungan yang terjadi di SMPN 16 Kota Malang dapat dijadikan pelajaran berharga bagi semua pihak. Dia mengimbau masyarakat untuk segera melapor kepada pihaknya bila mengalami peristiwa serupa.

    "Untuk melapor, bisa ke kami. Kami bisa menjadi sarana aspirasi masyarakat, kami selalu terbuka," pungkas Wanedi.

    Berdasarkan catatan Medcom.id pada Februari 2019 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana memasang kamera CCTV di semua sekolah di Kota Malang. Wacana itu dikeluarkan pasca terjadinya kasus pelecehan seksual di SDN Kauman 3 Kota Malang.

    Wacana tersebut menuai respon positif dari sejumlah sekolah. Salah satunya, SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Sebab, upaya ini dapat mempermudah para guru dalam mengawasi siswanya.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id