Pemkot Bandung Mengkaji Penerapan PSBB

    Roni Kurniawan - 06 April 2020 21:21 WIB
    Pemkot Bandung Mengkaji Penerapan PSBB
    ilustrasi Medcom.id
    Bandung: Pemerintah Kota Bandung tengah mengkaji penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona covid-19. Pekan ini Pemkot Bandung akan melakukan rapat terbatas sebelum memutuskan PSBB.

    "Itu nanti akan dibicarakan di level rapat terbatas pimpinan, mungkin di hari Rabu ini subtansii itu akan kita sampaikan," kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, di Balai Kota Bandung, Senin, 6 April 2020.

    Baca: Pemerintah Masih Galau Soal Mudik

    Ema menuturkan Kota Bandung akan memperhitungkan terlebih dahulu terutama dampak penerapan PSBB. Salah satunya yakni persediaan dan pendistribusian pangan harus dipastikan aman jikan PSBB diterapkan.

    "Tentunya kita tidak boleh gegabah, semua ini harus cermat, semua ini harus dihitung dampak-dampak yang akan terjadi, kemudian pola pengaturan pelaksanaannya seperti apa," jelas Ema.

    Selain itu, lanjut Ema, Kota Bandung yang memiliki akses pintu masuk sebanyak 42 titik menjadi salah satu pertimbangan. Pola pengamanan pun harus dilakukan dengan matang mengingat banyaknya pintu akses menuju Kota Bandung tersebut.

    "Bagaimana pola pengaturan pengamanan orang yang datang dari luar, dan pengaturan arus distribusi barang. Tapi itu tergantung dari hasil analisa evaluasi yang dilakukan semua instituasi di dalam Forkopimda ini," ungkap Ema.

    Selain itu rekomendasi dari tingkat RT dan RW pun menjadi salah satu pertimbangan untuk diterapkan PSBB. Pasalnya diakui Ema tak sedikit RT dan RW di Kota Bandung telah melakukan karantina parsial seperti penutupan akses jalan serta pengetatan pendataan bagi warga pendatang.

    "Tapi hrus hati-hati berdasarkan data, dan itu rekomandasi yang akan diambil di level kota," pungkas Ema.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id