Tekan Penyebaran Covid-19, Operasional Pasar Tradisional di Bogor Dibatasi

    Rizky Dewantara - 04 April 2020 08:27 WIB
    Tekan Penyebaran Covid-19, Operasional Pasar Tradisional di Bogor Dibatasi
    Ilustrasi--Aktivitas di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selata. (Foto: MI/Saskia Anindya Putri)
    Bogor: Perusahaan Umum Daereah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) melakukan pembatasan jam operasional sejumlah pasar tradisional. Hal ini untuk menekan penyebaran covid-19 (korona) dari interaksi warga di pasar tradisional. 

    "Biasanya pasar rakyat hidup 24 jam. Sekarang kita batasi misal ada yang buka pukul 9 pagi sampai  4 sore, buka lagi pukul 10 malam sampai pukul 6 pagi," ujar Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir kepada Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 4 April 2020.

    Menurut Muzakir, pembatasan jam operasional ini penerapannya berbeda. Di Kota Bogor ada empat jenis pasar tradisional, di antaranya pasar basah, kering, kebutuhan pokok dan busana.

    "Pemberlakuan pembatasan jam operasional berlaku sejak 1 April hingga 8 April 2020, hal tersebut berdasarkan SK Direksi Nomor 510/Kep.70-PPJ/2020 tentang pembatasan jam operasional di lingkungan pasar Perumda PPJ. Tapi itu bisa diperpanjang tergantung perkembangan di lapangan," jelasnya.

    Baca: Sejumlah Harga Komoditas di Tangsel Merangkak Naik

    Dijelaskan Muzakkir, tujuan pembatasan jam operasional untuk mengurangi interaksi antara pedagang dan pembeli. Seruan dan imbauan dari pemerintah sosilasasi pencegahan covid-19 terus digaungkan di pasar.

    "Seperti memasang banner dan spanduk untuk langkah pencegahan, mengecek suhu tubuh, pakai pengeras suara meminta untuk jaga jarak, karena ini paling penting selain cuci tangan. Jaga jarak minimal satu meter antar pedagang dan pembeli atau sesama pembeli," ungkapnya.

    Lebih lanjut, pembatasan jam operasional juga memberikan waktu kepada pengelola PPJ menyemprot disinfektan. 12 pasar tradisional di Kota Bogor disemprot disinfektan dua kali per harinya.

    "Selain melakukan penyemprotan disinfektan kami juga menyediakan hand sanitizer di masing-masing sudut pasar. Juga tempat cuci tangan (wastafel portable), ada dua atau tiga titik wastafel portable," jelasnya.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id