3.320 Tenaga Kesehatan di Muba Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

    Gonti Hadi Wibowo - 09 Januari 2021 17:29 WIB
    3.320 Tenaga Kesehatan di Muba Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
    Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin. Foto: Istimewa
    Muba: Sebanyak 3.320 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan akan dilakukan suntik vaksin covid-19. Rencananya ribuan Nakes tersebut akan dilakukan vaksinasi pada tahap pertama.

    "3.320 Nakes itu sudah siap diberikan vaksin pada tahap pertama nanti. Untuk fasilitas kesehatan kami menyiapkan 31 tempat yang terdiri dari 28 puskesmas dan 3 rumah sakit," kata Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, Sabtu, 9 Januari 2021.

    Pihaknya telah menyiapkan 555 petugas yang akan melakukan vaksinasi. Petugas vaksin atau vaksinator telah mendapatkan pelatihan khusus dan bertugas memberikan vaksin ke masyarakat.

    "Untuk perlengkapan dan fasilitas gudang penyimpanan yang terdiri dari lemari es, freezer dan termos yang bisa menyimpan vaksin hingga 20.000 dosis sudah kita siapkan," jelasnya.

    Selain itu, Dodi bersama Wakil Bupati Muba Beni Hernedi juga siap menjadi yang pertama disuntik vaksin covid-19 setelah Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021.

    Baca: Uji Coba Vaksin Merah Putih Terkendala

    "Insyaallah kami siap melakukan penyuntikan di hari berikutnya setelah Presiden untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Muba terhadap vaksin ini," ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah, mengatakan pihaknya siap menerima hingga melaksanakan mekanisme vaksinasi covid-19. Mulai dari pengambilan vaksin di Kota hingga tahap pelaksanaan.

    Setelah itu, tahapan selanjutnya vaksin tersebut akan disalurkan ke 28 Puskesmas yang ada di Kabupaten Muba. Di puskesmas juga telah disiapkan berbagai fasilitas kesehatan.

    "28 puskesmas kita sudah siap sudah kita koordinasikan semuanya termasuk puskesmas yang jaraknya jauh. Selain itu kita juga siapkan genset di puskesmas untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik," kata Azmi.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id