Antisipasi Cuaca Ekstrem, Warga Babel Diminta Pangkas Pohon

    Antara - 06 November 2020 12:21 WIB
    Antisipasi Cuaca Ekstrem, Warga Babel Diminta Pangkas Pohon
    Ilustrasi. Medcom.id
    Pangkalpinang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta masyarakat memangkas pohon di sekitar rumahnya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem, berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

    "Saat ini cuaca cukup ekstrem yang dapat berpotensi terjadi angin puting beliung, banjir dan bencana lainnya," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Babel, Jumat, 6 November 2020.

    Ia mengatakan dalam sepekan terakhir, telah terjadi dua kali puting beliung yang merusak puluhan rumah di Kabupaten Bangka, yaitu di Desa Air Buluh pada Jumat, 30 September 2020 merusak 20 rumah dan di Kelurahan Belinyu dan Kuto Panji pada Senin, 2 Oktober 2020, merusak 45 rumah warga dan empat gudang dealer motor.

    "Kejadian puting beliung ini mengakibatkan bagian atas rumah warga rusak berat, karena diterjang angin dan ditimpa pohon tumbang di sekitar rumah tersebut," ujarnya.

    Baca: Angin Puting Beliung di Cirebon Melukai Dua Warga

    Dia berharap agar masyarakat bergotong royong memangkas dahan pohon yang sudah tinggi dan rimbun di sekitar rumah dan fasilitas umum. Sehingga bisa meminimalisasi kerusakan yang disebabkan angin kencang dan puting beliung.

    Selain itu, masyarakat diharapkan membersihkan lingkungannya. Misalnya saluran air untuk mengantisipasi banjir dan genangan air selama musim hujan yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit musiman, seperti DBD, malaria, dan diare.

    "Jika terjadi angin kencang dan puting beliung, pohon-pohon yang sudah besar dan rimbun yang tumbang ini bisa mengakibatkan yang cukup fatal dan mengancam keselamatan warga serta pengguna lalu lintas," katanya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id