Surabaya Bersiap Suntikkan 33.420 Dosis Vaksin Covid-19

    Amaluddin - 12 Januari 2021 19:57 WIB
    Surabaya Bersiap Suntikkan 33.420 Dosis Vaksin Covid-19
    Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana melakukan sidak ke sejumlah mal, Senin malam, 11 Januari 2021. (Foto: Medcom.id/Amal)
    Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, mendapat jatah 33.420 dosis vaksin covid-19 Sinovac dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, memastikan Kota Pahlawan sudah siap melakukan vaksinasi covid-19.

    "Rencananya vaksinasi digelar secara simbolis di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, pada Jumat, 15 Januari 2021," kata Whisnu, di Surabaya, Selasa, 12 Januari 2021.

    Whisnu menjelaskan, persiapan telah dilakukan seperti penyediaan tenaga penyuntik vaksin (vaksinator) hingga menyiapkan cold room di Gudang Farmasi milik Dinkes Surabaya, Jalan Kalirungkut.

    "Kapasitas (cold room) sebenarnya mampu menampung 20 ribu (dosis vaksin). Tetapi yang 10 ribunya digunakan untuk menyimpan reagen swab,” kata dia.

    Baca juga: 9.045 Jiwa Terdampak Banjir di Solok

    Selain itu, Whisnu menjelaskan sudah menyiapkan cold room baru di lokasi yang sama. Tidak hanya itu, untuk kapasitasnya dipastikan lebih besar yakni mencapai 50 ribu.

    "Kami berharap dalam minggu ini cold room yang baru sudah dapat digunakan," ujarnya.

    Dari 33.420 dosis vaksin itu, lanjut dia, akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes) dengan jumlah 33.027 orang. Whisnu juga meminta tambahan sekitar delapan ribu dosis vaksin untuk tenaga lainnya seperti anggota Polri, TNI, Linmas, Satpol PP, karyawan PT KAI Daop VIII, pegawai Pelabuhan, dan PDAM.

    Untuk tahap pertama, Whisnu menyebut ada 12 nama yang akan divaksinasi. Selain dirinya, Komandan Resor Militer 084/Bhaskara Jaya, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, Kepala Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Kepala Kancab BPJS Surabaya, Deputi Direksi BPJS Kanwil Jatim, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua IDI Surabaya, Direktur RSUD dr Moh Sowandhie, dan Ketua Tim Penggerak PKK.

    “Nanti ada screening pada saat pelaksanaan, tenaganya sudah kami siapkan semua," jelas dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id