Pemprov Banten Diminta Memperbaiki Alat Deteksi Bencana

    Antara - 30 September 2020 19:19 WIB
    Pemprov Banten Diminta Memperbaiki Alat Deteksi Bencana
    ilustrasi Medcom.id
    Serang: Pemprov Banten diminta melakukan perbaikan atau membeli alat deteksi tsunami yang rusak guna mengantisipasi dan meminimalisir dampak bencana bagi masyarakat.

    Anggota Komisi V DPRD Banten, Umar Bin Barmawi, berharap Pemprov Banten segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memenuhi permintaan tersebut.

    "Harus secepatnya diganti atau alat rusak dapat diperbaiki, maka segera diperbaiki, jangan dinanti-nanti. Kalau alatnya dapat bekerja dengan baik, bencana akan dapat diketahui sehingga masyarakat sekitar terdampak dapat melakukan antisipasi," kata Umar Bin Barmawi di Serang, Rabu, 30 September 2020.

    Baca: Pemkot Tasikmalaya Larang Kampanye Tatap Muka

    Dia menjelaskan juga meminta kepada pemerintah pusat, provinsi, Pemkab Pandeglang serta Lebak dapat segera mempersiapkan diri dengan membuat langkah-langkah strategis, sehingga dampak kerugian dapat diminimalisir, termasuk korban jiwa.

    "Saya sangat berharap bencana tsunami, banjir atau tanah longsor tidak ada, tapi kalau dari pemerintahnya gencar dan merumuskan kebijakan dengan tepat dan benar, maka dampak negatif dirasakan masyarakat dapat ditekan seminimal mungkin," jelas Umar.

    Selain itu pihaknya juga meminta kepada masyarakat di wilayah rawan bencana dapat memahami jika ada tanda-tanda bencana.

    Kepala Pelaksana BPBD Banten, Nana Suryana, mengatakan hasil kajian ITB terkait potensi dan ancaman gempa bumi di wilayah Selatan Jawa termasuk Banten, menjadi langkah antisipasi pemprov dalam kesiapsiagaan masyarakat menghadapi berbagai potensi bencana yang akan terjadi. Meskipun tak ada satu orangpun yang bisa memprediksi kepastian terjadinya bencana.

    "Mitigasi bencana sudah kita lakukan seperti pembuatan titik kumpul dan jalur evakuasi yang lokasinya berada di dataran tinggi. Ketika terjadi bencana, kami harapkan jalur-jalur ini bisa menjadi arah bagi warga untuk mengevakuasi diri," ungkap Nana.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id