PPKM Mikro Kota Malang Diperkuat Demi Pelarangan Mudik

    Daviq Umar Al Faruq - 30 Maret 2021 17:08 WIB
    PPKM Mikro Kota Malang Diperkuat Demi Pelarangan Mudik
    Ilustrasi mudik/MI/Panca Syurkani.



    Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, bakal mengikuti aturan pemerintah pusat terkait larangan mudik Lebaran 2021. Salah satunya dengan memperkuat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di tingkat RT/RW.

    "Saya mengikuti instruksi dari pusat berkaitan dengan larangan mudik. Kalau memang dilarang ya nanti kita harus lakukan bersama-sama larangan mudik itu," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa 30 Maret 2021.






    Sutiaji menjelaskan, penguatan PPKM Mikro di tingkat RT/RW bakal dikuatkan kembali. Sehingga, warga yang nekat mudik bisa diketahui sejak dini.

    Baca: Gubernur Sumsel Izinkan Mudik Antar Kabupaten/Kota

    "Jadi bagaimana lalu lintas orang di tingkat RT/RW. Bagaimana orang datang, dicek dan seterusnya," bebernya.

    Sutiaji menekankan, kebijakan larangan mudik ini tidak selalu dengan menerapkan penyekatan di perbatasan. Sebab, hal tersebut diakuinya kurang efektif.

    "Tidak harus penyekatan. Kalau disekat saja kan kadang-kadang petugasnya juga masih kecolongan. Jadi kita intensifkan dari RT/RW, nanti mobilitas orang kan ketahuan. Ada orang tiba-tiba bermalam di RT/RW lain kan pasti jadi pertanyaan dari mana ini," ungkapnya.

    Sutiaji menambahkan, pergerakan wabah covid-19 di Kota Malang saat ini tengah melandai. Namun, hal itu bukan alasan untuk lengah, dan warga diminta tetap waspada terhadap penyebaran covid-19.

    Baca: Mudik ke Kabupaten Bogor Wajib Sertakan Rapid Antigen

    "Jadi larangan ini akan kita sampaikan juga kepada seluruh RT/RW lewat surat edaran terkait larangan untuk mitigasi ke arah sana," tegasnya.

    Sebelumnya, Pemerintah resmi mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2021. Larangan itu pun ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

    "Berlaku untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat," kata Menko PMK Muhadjir Effendy, dalam jumpa pers virtual, Jumat 26 Maret 2021.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id