BMKG Akan Pasang Alat Deteksi Gempa di Banyumas

    Antara - 06 Februari 2020 14:07 WIB
    BMKG Akan Pasang Alat Deteksi Gempa di Banyumas
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Banjarnegara: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan memasang alat pendeteksi gempa di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pemasangan alat pendeteksi gempa tersebut akan dilakukan pada tahun 2020 ini.

    "BMKG akan segera memasang 'shelter seismograph' sebagai alat deteksi gempa di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis, 6 Februari 2020.

    Setyoajie menjelaskan pemasangan alat tersebut bertujuan  memantau aktifitas kegempaan di wilayah Kabupaten Banyumas dan juga wilayah sekitarnya. Alat tersebut juga sekaligus untuk memperkuat jejaring pemantauan gempa di wilayah Republik Indonesia.

    Setyoajie menambahkan Stasiun Geofisika Banjarnegara bersama perwakilan koordinator BMKG Provinsi Jawa Tengah telah melakukan pertemuan dengan pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait rencana pemasangan alat tersebut.

    "Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai permohonan BMKG terkait pinjam pakai lahan pemkab untuk lokasi pemasangan 'shelter seismograph'. Tujuannya untuk mencari lokasi ideal untuk lokasi pemasangan alat, survei akan dilakukan dengan didampingi pihak pemda," jelas Setyoajie.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id