12.725 Orang di Sultra Ikuti Tes Gratis Covid-19

    Antara - 09 Juli 2020 22:23 WIB
    12.725 Orang di Sultra Ikuti Tes Gratis Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Kendari: Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Tenggara melakukan tes cepat terhadap 12.725 orang secara gratis.

    Koordinator Komunikasi Publik dan Informasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, Syaifullah, menyebutkan 41 orang dinyatakan reaktif atau terindikasi terpapar covid-19.

    "Hari ini dilakukan tes cepat terhadap 739 orang dan tiga orang dinyatakan reaktif, sehingga ditindaklanjuti dengan 'swab' (tes usap)," kata Syaifullah di Kendari, Kamis, 9 Juli 2020.

    Baca: Komunitas Senam di Karawang Sebabkan Penularan Covid-19

    Tes cepat terhadap 12.725 orang dari berbagai kalangan yang dilakukan pemerintah sebagai upaya memutus rantai dan mendeteksi penyebaran virus korona.

    "Hingga hari ke-40 pelaksanaan tes cepat dengan sasaran 12.725 orang mengungkap 41 orang terindikasi virus yang menakutkan tersebut," jelasnya.

    Sultra menggelar tes cepat sejak 30 Mei hingga batas waktu yang tidak ditentukan yang terbuka untuk umum dan menyasar kantor pemerintah.

    Tes cepat secara gratis digelar setiap hari di Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Sultra dan kantor-kantor pemerintah sesuai surat permintaan.

    Tes cepat adalah penyaringan awal virus dalam tubuh melalui sampel darah. Sampel itulah yang memberi informasi adanya imunoglobulin atau IgM dan IgG dalam tubuh manusia.

    Hasil tes cepat akan terbaca perlu waktu 10-15 menit, berupa garis pada keterangan C, IgG, dan IgM.

    Garis pada C mengindikasikan pasien nonreaktif (negatif), sedangkan garis pada C dan IgG atau IgM menandakan pasien reaktif (positif).

    Pada pasien negatif biasanya tes akan diulang dalam waktu 7-10 hari. Pengecekan ulang untuk memastikan tubuh tidak memproduksi IgM atau IgG akibat paparan virus corona.

    Pembentukan IgM dan IgG perlu waktu beberapa minggu bergantung pada reaksi tubuh.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id