Kabupaten Bogor Merugi Rp1,5 Triliun Akibat Bencana

    Rizky Dewantara - 06 Februari 2020 10:13 WIB
    Kabupaten Bogor Merugi Rp1,5 Triliun Akibat Bencana
    Proses pencarian korban longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara)
    Bogor: Incident Commander Tanggap Bencana Kabupaten Bogor, Letkol Inf Harry Sutrisno, menyebut Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengalami kerugian materiel hingga Rp1,5 triliun akibat bencana alam yang terjadi sejak awal 2020.

    "Kerugian ini terdiri dari beberapa kategori, seperti kerusakan rumah, jalan, jembatan, jaringan listrik, irigasi, pertanian, air bersih, sekolah, dan relokasi tempat tinggal," kata Harry, Kamis, 6 Februari 2020.

    Menurut Harry, nominal kerugian tertinggi berada di sektor infrastruktur yakni kerusakan irigasi mencapai Rp859 miliar. Disusul kerusakan pada hunian masyarakat sekitar Rp108 miliar. 

    "Kemudian kerugian pada sektor pertanian mencapai Rp78 miliar. Sisanya kerugian dari sektor lain," lanjut dia.

    Harry menambahkan meskipun masa tanggap darurat bencana sudah berakhir, pihaknya tetap memonitor wilayah terdampak bencana. 

    "Kami akan lakukan pemasangan sistem peringatan dini, normalisasi kembali sungai, penghijauan lahan, dan edukasi untuk meningkatkan kapasitas desa tangguh bencana," tutupnya. 

    Cuaca buruk yang terjadi di awal 2020 mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor terdampak banjir dan longsor. Longsor terjadi di Kecamatan Sukajaya, Nanggung, dan Cigudeg, sedangkan banjir terjadi di Kecamatan Gunung Putri dan Jasinga.
     
    Bencana banjir dan longsor itu membuat 14.010 warga mengungsi. Mereka berasal dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Cigudeg sebanyak 922 orang, Kecamatan Sukajaya sebanyak 9.926 orang, Kecamatan Nanggung sebanyak 3.121 orang, dan Kecamatan Jasinga sebanyak 41 orang.
     
    Kejadian tersebut juga menelan korban jiwa sebanyak delapan orang dan tiga orang yang sebelumnya dilaporkan menghilang telah ditemukan meninggal. Kemudian, 12 orang mengalami luka berat dan 517 orang mengalami luka ringan.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id