Kabupaten Karawang Dapat Bantuan Alkes Penanganan Covid-19

    Medcom - 23 Juni 2020 20:36 WIB
    Kabupaten Karawang Dapat Bantuan Alkes Penanganan Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Karawang: Kabupaten Karawang mendapat bantuan alat kesehatan berupa dua ventilator, 5.000 masker kain, 500 baju hazmat, 50 full set alat pelindung diri, dan 200 face shield. Bantuan diberikan oleh Sampoerna untuk Indonesia bersama Yayasan Rumah Kita.

    Bupati Karawang Cellica mengatakan hingga Selasa, 23 Juni 2020, jumlah positif di Karawang mencapai 11 orang. Dia mengakui ada peningkatan kasus terkonfirmasi positif, tapi masih dalam jumlah yang normal.

    "Jadi ada kurang lebih sampai tadi malam tambah satu lagi. Sampai saat ini sudah terdapat 11 orang yang positif covid-19," kata Cellica.

    Cellica menghawatirkan fenomena gunung es dalam kasus positif covid-19 di masyarakat. Dia khawatir kasus lebih tinggi dari pada yang diketahui dan dilaporkan kepada Tim Gugus Kabupaten. 

    "Menurut saya kalau ada tambahan pasien artinya kinerja dari dinas kesehatan dalam hal ini Satgas gugus tugas penanganan covid-19 kami anggap berhasil. Dengan cepat diketahui kasus positif maka penanganan juga semakin cepat," ujar Cellica.

    Dengan adanya kondisi tersebut, Sampoerna untuk Indonesia bersama Yayasan Rumah menyerahkan bantuan alat kesehatan tersebut. Selain alkes, dua ventilator juga ikut diserahkan ke Pemkab Karawang. 

    "Bantuan Ventilator ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk penanganan pasien covid, setelahnya alat ini juga bisa dipakai untuk pasien lainnya," ungkap Cellica.

    Sementara itu, Direktur Program Yayasan Rumah Kita Adrianus M. Uran mengatakan pihaknya bersama Sampoerna telah menyalurkan bantuan ke sejumlah daerah seperti ke Provins Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

    Bantuan lebih diutamakan dalam bentuk APD yang diperuntukkan untuk tenaga medis. Sebab tenaga medis menjadi orang yang paling rentan terpapar virus Covid-19 karena mereka bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19.  

    Dengan bantuan APD ini setidaknya akan membantu mengurangi mereka dari risiko tertularnya covid-19 dan memberikan rasa tenang dalam menjalankan tugas. 

    "Bantuan ini kita berikan lebih kepada tenaga kesehatan dengan maksud melindungi teman-teman tenaga medis yang saat ini menjadi ujung tombak dari pengendalian penularan Covid-19," katanya.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id