Inovasi Desa Jadi Prioritas Pemkab Jayawijaya

    Roylinus Ratumakin - 20 November 2019 21:16 WIB
    Inovasi Desa Jadi Prioritas Pemkab Jayawijaya
    Ilustrasi masyarakat di wilayah pegunungan Papua saat melakukan prosesi bakar batu dengan diawali memanah ternak babi. Foto: Medcom.id/Roy Ratumakin.
    Jayapura: Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Papua, berupaya mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien. Asisten II Kabupaten Jayawijaya Yohanes Katoleng mengatakan pemerintah melalui peraturan perundang-undangan memberi kewenangan luas mengelola potensi sumber daya untuk mewujudkan desa yang lebih maju, mandiri dan sejahtera.

    "Kewenangan ini harus diimbangi dengan penguatan kapasitas desa, serta memanfaatkan sumber daya sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat di desa," katanya, Rabu, 20 November 2019.

    Dengan menguatnya kapasitas tersebut, kata Yohanes, diharapkan setiap desa mampu mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif, untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakatnya.

    Dia mengatakan pelaksanaan program inovasi desa tahun 2019 terdapat tiga bidang yang dapat dikembangkan oleh pemerintah desa. Yaitu kewirausahaan pembangunan ekonomi lokal, bidang sumber daya manusia dan bidang infrastruktur.

    "Tiga bidang ini wajib dikembangkan oleh semua jajaran pemerintah desa, pengelolaan kapasitas teknis desa yang merupakan komponen yang sangat penting di dalam program inovasi desa," ujarnya.

    Yohanes berpesan kepada aparat desa harus ada mitra kerja yang telah diamanatkan untuk mendorong pelaksanaannya untuk dikembangkan.

    "Melalui kegiatan ini juga diharapkan menyatukan persepsi tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan bersama, sehingga para OPD terkait bisa saling bersinergi dan berperan aktif dalam mendorong peningkatan produktifitas dan kualitas masyarakat melalui inovasi desa," katanya.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen mengatakan pengiriman dana desa dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan langsung ke kabupaten/kota bukan kepada provinsi. Lantaran kabupaten/kota tersebut yang mengetahui soal rakyatnya. 

    "Saya dengar, penyaluran dana desa terbaik di Papua adalah Kabupaten Puncak Jaya. Ini patut diapresiasi dan menjadi contoh untuk kabupaten lain," ujar Hery.

    Hery menerangkan walaupun letak geografis Papua yang sangat sulit, tidak menjadi halangan untuk Pemkab Punjak Jaya melakukan penyaluran sesuai dengan kebutuhan beberapa desa di kabupaten tersebut.

    "Saya tidak melihat indikatornya, yang jelas dalam pengelolaan keuangan tentunya ada perhatian serius dalam pengelolaannya, sehingga mereka (Pemkab Punjak Jaya) mendapat predikat terbaik soal penyaluran dana desa tersebut," katanya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id