Karyawan Garuda Diduga Selundupkan Onderdil Harley-Davidson

    Hendrik Simorangkir - 03 Desember 2019 17:35 WIB
    Karyawan Garuda Diduga Selundupkan Onderdil Harley-Davidson
    Ilustrasi Harley-Davidson. ROMAIN LAFABREGUE/ AFP
    Tangerang: Seorang karyawan Garuda Indonesia diduga membawa onderdil motor Harley-Davidson keluaran 1970-an dari Prancis. Onderdil dalam bentukan paketan terpisah menjadi 15 koli tersebut didapati Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta di dalam bagasi Airbus A330-900NEO yang baru dibeli Garuda Indonesia tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,  Minggu, 17 November 2019.

    VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan onderdil yang terpisah tersebut dibawa oleh karyawan Garuda di dalam bagasi penumpang yang bersamaan dengan penjemputan pesawat.

    "Karyawan itu memang bertugas menjemput pesawat tersebut. Jadi, barangnya ada di dalam pesawat tersebut bersamaan dengan karyawan yang duduk di kabin," kata Ikhsan saat dikonfirmasi, Selasa, 3 Desember 2019.

    Ikhsan menjelaskan saat pesawat tiba di area GMF Aeroasia, seluruh petugas kepabeanan seperti Bea Cukai, imigrasi setempat ikut memeriksa pesawat baru itu. Kemudian, menurut Ikhsan petugas bea cukai menemukan adanya onderdil sepeda motor Harley-Davidson.

    "Karyawan tersebut menyadari dan memahami, bila di GMF itu kan kawasan berikat. Jadi ada Bea Cukai atau petugas lainnya juga, dia akan mengikuti aturannya," jelas Ikhsan.

    Ikhsan menuturkan karyawan pembawa onderdil Harley-Davidson tersebut telah siap menerima keputusan apapun dari Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Bahkan ia menambahkan karyawan tersebut menyatakan siap dikenakan biaya pajak atau bea masuk barang mewah.

    "Kita melihat kalau misal ada indikasi melanggar hukum, ya kita mengacu pada aturan yang berlaku. Jadi sebenanrya poinnya ketika self declare mereka mengacu pada aturan bea cukai, ya kita lihat poin disitu," beber Ikhsan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id