Jatim Tingkatkan Pengawasan Virus Korona

    Amaluddin - 22 Januari 2020 21:01 WIB
    Jatim Tingkatkan Pengawasan Virus Korona
    ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
    Surabaya: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Herlin Ferliana, mengaku telah mengantisipsi virus korona. Salah satunya memperketat pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok, melalui bandara dan pelabuhan.

    "Kami sudah berkoordinasi dengan bandara dan pelabuhan untuk memperketat pengawasan masuknya orang Tiongkok ke Jatim sebagai bentuk antisipasi virus corona," kata Herlin saat dikofirmasi, Rabu, 22 Januari 2020.

    Herlin menjelaskan virus korona adalah sejenis virus umum yang menyebabkan infeksi pada hidung, sinus atau tenggorokan bagian atas. Bahkan bisa menyebabkan flu biasa sampai yang serius seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

    Selain meningkatkan pengawasan melalui jalur darat dan udara, lanjut Herlin, pihaknya juga memaksimalkan alat thermal detector yang sudah ada di bandara dan pelabuhan, guna mencegah masuknya wabah Pneumonia misterius dari Tiongkok itu.

    "Selain untuk mendeteksi penumpang, alat pendeteksi suhu tubuh itu, juga akan dimaksimalkan untuk hewan-hewan yang masuk ke Jatim, dari pintu bandara dan pelabuhan," jelas Herlin.

    Herlin mengklaim sudah menginformasikan dan mengimbau kesiapsiagaan rumah sakit di Jatim dalam menangani virus corona. "Supaya kalau tidak terdeteksi di KKP dan akhirnya masuk ke Jatim, maka rumah sakit sudah siap menangani dan menerapkan tes laboratorium, untuk pasien dengan dugaan virus corona itu," pungkas Herlin.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id