Residivis Menyamar Anggota TNI Gadungan untuk Menipu

    Ahmad Mustaqim - 21 Januari 2020 16:29 WIB
    Residivis Menyamar Anggota TNI Gadungan untuk Menipu
    Residivis menyamar anggota TNI gadungan untuk lakukan penipuan (tengah), Selasa, 21 Januari 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Bantul: Seorang warga Kecamatan Prambanan, Jawa Tengah, Sukamdi, menyamar jadi anggota TNI gadungan untuk lakukan pemerasan. Lelaki 45 tahun itu pun kini mendekam di tahanan Polres Bantul. 

    Kasat Reskrim Polres Bantul, Ajun Komisaris Riko Sanjaya, mengatakan Sukamdi menyamar dengan nama Andi Saputro dengan jabatan Kepala Seksi Intelijen di Komando Resimen Militer (Korem) Yogyakarta.

    "Korban sasarannya perempuan. Pelaku memberikan iming-iming janji untuk menikahi," kata Riko di Mapolres Bantul, Selasa, 21 Januari 2020.

    Riko menjelaskan Sukamdi menggunakan sejumlah nama samaran untuk lakukan penipuan. Sukamdi mengaku bernama Andi Saputro ataupun Angga Setyawan.

    Setidaknya Sukamdi telah melakukan penipuan terhadap empat perempuan. Bahkan ada salah seorang perempuan yang telah dinikahi siri.

    "Pelaku ini telah menjanjikan akan menikahi korban lalu meminta uang. (Salah satu korban) ada yang sampai memberikan uang sampai Rp36 juta," ungkap Riko. 

    Riko kembali mengatakan Sukamdi menggunakan modus hampir serupa untuk mengelabuhi korban. Hingga akhirnya korban melaporkan tindakan pelaku ke Kodim Bantul dan diteruskan ke Polres Bantul. 

    Polisi menyita seragam TNI lengkap dari pelaku. Selain itu, ada juga tiga kartu anggota TNI, surat perintah diduga palsu, surat keterangan istri meninggal, sebuah gawai, serta handy talky (HT).

    Sukamdi terancam Pasal 378 KUHP dengan ancaman empat tahun pidana. Menurut Riko, pelaku terakhir keluar penjara pada Maret 2019 lalu. 

    Sementara Sukamdi mengakui dirinya bercita-cita menjadi anggota TNI dan tak terwujud. Ia mengakui sudah lakukan penipuan kepada sejumlah perempuan dan mengajak berhubungan badan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id