Kejari Kulon Progo Sita Komputer Desa Banguncipto

    Ahmad Mustaqim - 12 Desember 2019 08:36 WIB
    Kejari Kulon Progo Sita Komputer Desa Banguncipto
    Ilustrasi kasus korupsi. (Foto: Medcom.id)
    Kulon Progo: Kejaksaan Negeri (Kejati) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyita perangkat komputer milik Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo. Penyitaan dilakukan berkaitan dengan kasus dugaan korupsi Kepala Desa Banguncipto, HS, dan Bendahara Desa, SM.

    "Satu unit komputer sudah kami sita pada Senin malam (9 Desember 2019)," kata Kepala Kejari Kulon Progo, Widagdo Mulyono Petrus, Rabu, 11 Desember 2019. 

    Menurut Widagdo, perangkat ini biasa digunakan bendahara desa untuk pembukuan. Penyitaan untuk melihat laporan pertanggung jawaban keuangan Desa Banguncipto.

    "Diduga tidak ada SPJ (surat pertanggung jawaban) atau LPJ (laporan pertanggung jawaban) di dalam komputer ini," ujarnya.

    Ia menjelaskan pembuatan laporan tidak dilakukan oleh  SM. Sebab, saat ini SM telah berusia 60 tahun. Widagdo mengatakan pembuatan laporan seharusnya dilakukan staf desa.

    "Kemudian rupanya konsep-konsep itu bukan bendahara, karena bendahara tidak bisa komputer. Harusnya yang melakukan staf desa," katanya. 

    Penyitaan komputer guna melengkapi berkas yang telah disita. Mulai dari laporan pertanggungjawaban keuangan 2014-2018 hingga uang senilai Rp227 juta. 

    Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan pihaknya telah memberhentikan sementara HS dari jabatannya. Posisinya digantikan pelaksana tugas harian yang dipegang Sekretaris Desa Banguncipto, Syaiful Anwar. 

    "Belum lama ini sudah saya tanda tangani (surat) pemberhentiannya," ujarnya. 

    Ia menuturkan, HS akan berhenti tetap setelah masa jabatannya berakhir pada 13 Januari 2020. Setelah itu, perangkat Desa Banguncipto harus segera menggelar pemilihan kepala desa. 




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id