3 Eks Anggota DPR Aceh Belum Diperiksa Terkait Korupsi Beasiswa Rp22,3 Miliar

    Antara - 03 Juni 2021 07:20 WIB
    3 Eks Anggota DPR Aceh Belum Diperiksa Terkait Korupsi Beasiswa Rp22,3 Miliar
    Ilustrasi / Medcom.id



    Banda Aceh: Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan tiga mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) hingga kini belum diperiksa penyidik terkait dugaan tindak pidana korupsi beasiswa sebesar Rp22,3 miliar.

    Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan mantan anggota DPRA periode 2014-2019 tersebut yakni Dedi Safrizal, T Hasdarsyah, dan Jamidin Hamdani.

     



    "Jamidin Hamdani tidak bisa diperiksa lagi karena yang bersangkutan sudah meninggal dunia, sedangkan T Hasdarsyah saat ini tengah keadaan sakit, dan Dedi Safrizal tidak jelas alamatnya," kata Winardy, Rabu, 2 Juni 2021. 

    Padahal, Dedi sudah dua kali dipanggil namun tidak memenuhi panggilan tersebut. 

    Sedangkan, enam anggota DPRA periode 2014-2019 yang terpilih kembali pada periode 2019-2024 sudah menjalani pemeriksaan setelah penyidik mendapat izin Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI.

    Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran Rp22,3 miliar untuk beasiswa mahasiswa program studi mulai diploma tiga hingga doktoral atau S3 pada 2017. 

    Baca: Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Kepala Desa di Bireuen Aceh Ditahan

    Anggaran beasiswa tersebut ditempatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSMD) Aceh. Beasiswa disalurkan kepada 803 penerima dengan realisasi mencapai Rp19,8 miliar lebih.

    Hingga kini, penyidik sudah memintai keterangan 400-an mahasiswa dari 800 penerima bantuan dana pendidikan yang diduga melibatkan sejumlah anggota dewan tingkat provinsi tersebut.

    Sebelumnya, Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Antikorupsi (GeRAK)  Aceh melaporkan indikasi korupsi penyaluran beasiswa bantuan pendidikan Pemerintah Aceh Tahun Anggaran 2017.

    Hasil temuan Inspektorat Aceh menyebutkan beasiswa tersebut berasal dari usulan 24 anggota DPRA. Jumlah penerima mencapai 938 mahasiswa yang terdiri atas 825 penerima usulan Anggota DPRA dan 86 orang permohonan mandiri.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id