Okupansi Tempat Tidur Covid-19 di RSHS Bandung Capai 50%

    Roni Kurniawan - 09 Juni 2021 17:56 WIB
    Okupansi Tempat Tidur Covid-19 di RSHS Bandung Capai 50%
    Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan)



    Bandung: Jumlah pasien covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan. Bahkan keterisian tempat tidur di rumah sakit tersebut saat ini mencapai 50 persen. 

    Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan, dan Penunjang RSHS Bandung, Yana Akhmad Supriatna, membenarkan hal itu. Ia menanggapi pesan berantai yang menyebutkan RSHS Bandung kewalahan menangani pasien covid-19.

     



    "Benar bahwa di RSHS, terutama di IGD, ada peningkatan kasus covid-19 namun suasana tidak segenting seperti informasi yang baru-baru ini beredar. Kondisi masih terkendali dan seluruh pasien dapat dilayani," ujar Yana dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 9 Juni 2021.

    Yana mengatakan peningkatan pasien covid-19 tidak terjadi secara bersamaan. Kenaikan kasus terjadi sejak pertengahan Mei 2021 dan setelah libur lebaran.

    "Peningkatan tidak terjadi secara drastis dalam waktu yang singkat melainkan sedikit demi sedikit sudah terlihat sejak pertengahan Mei 2021," papar dia. 

    Meski demikian, Yana menegaskan tempat tidur bagi pasien covid-19 di RSHS masih tersedia. Pasalnya, hingga kini sebanyak 112 dari 224 tempat tidur di Gedung Kemuning telah terisi. 

    "Kapasitas Gedung Kemuning (ruang rawat inap khusus covid-19) sampai saat ini masih tersedia," ucap dia. 

    Baca: Banyak ASN Positif Covid-19, Kantor Setda Garut Ditutup

    Yana mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada dengan cara menerapkan protokol kesehatan. RSHS Bandung masih menerima pasien covid-19 karena masih tersedia tempat tidur di ruang khusus rawat inap Gedung Kemuning.

    "Masyarakat diimbau untuk tidak panik namun tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan," tutur dia. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id