Pemkab Lumajang Minta Pemkab Malang Tangani Warga Terdampak Erupsi Semeru

    Daviq Umar Al Faruq - 04 Desember 2021 23:33 WIB
    Pemkab Lumajang Minta Pemkab Malang Tangani Warga Terdampak Erupsi Semeru
    Warga menyelamatkan diri saat Gunung Semeru meletus di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). ANTARA FOTO/Hermawan



    Lumajang: Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Malang untuk menangani warganya yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Terutama warga yang berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

    Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar, mengatakan Pronojiwo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lumajang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang. Letak Pronojiwo sendiri berada di lereng selatan hingga tenggara Gunung Semeru.

     



    "Ada jembatan putus Gladak Perak yang menghubungkan Lumajang dan Malang. Sehingga saudara-saudara kami yang ada di Pronojiwo, kami tidak bisa mengarah kesana kalau dari Lumajang karena jembatannya putus," kata Indah saat konferensi pers, Sabtu, 4 Desember 2021.

    Baca: Pemeran Video Pornografi di Bandara YIA Ditangkap di Bandung

    Jembatan Gladak Perak yang berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, tersebut putus total akibat terjangan banjir lahar dingin usai erupsi Gunung Semeru. Jembatan tersebut memiliki panjang sekitar 100 meter.

    "Sehingga tadi beberapa teman-teman (relawan) terpaksa mutar lewat Malang," jelasnya.

    Oleh karena itu, Indah meminta BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Malang untuk menjangkau warga Lumajang yang terdampak bencana ini. Salah satunya dengan membangun posko.

    "Kami mohon bantuannya bisa membuka posko, baik posko untuk tempat pengungsian maupun dapur umum untuk warga kami yang di Pronojiwo. Karena tidak memungkinkan kami kesana akjbat jembatan yang putus," ungkapnya.

    Saat ini jalur Malang-Lumajang terputus lantaran Jembatan Gladak Kembar yang rusak. Sehingga arus lalu lintas pun terpaksa dialihkan.

    "Dan banyak pohon-pohon yang tumbang mengakibatkan jalan nasional menuju arah Malang juga terhambat," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id