Herman Deru Dukung Lubuklinggau Jadi Kota Niaga dan Pariwisata

    Gonti Hadi Wibowo - 17 Februari 2021 10:40 WIB
    Herman Deru Dukung Lubuklinggau Jadi Kota Niaga dan Pariwisata
    Gubernur Sumsel, Herman Deru, menerima kedatangan Wali Kota Lubuklinggau dalam rangka memaparkan usulan Bangub khusus anggaran 2021 di ruang rapat kantor Gubernur, Selasa, 16 Februari 2021. Dokumentasi/ Humas Pemprov Sumsel



    Palembang: Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, bakal memberikan Bantuan Gubernur (Bangub) khusus kepada Kota Lubuklinggau. Bantuan diharapkan membuat Lubuklinggau menjadi kota tujuan baik niaga maupun pariwisata.

    "Saya berharap Bangub khusus yang dikucurkan nantinya benar-benar bermanfaat dan dapat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat," kata Herman Deru saat menerima kedatangan Wali Kota Lubuklinggau, Prana Putra Sohe, dalam rangka memaparkan usulan Bangub khusus anggaran Tahun 2021 di ruang rapat kantor Gubernur, Selasa 16 Februari 2021.






    Baca: Tanah Bergerak di Brebes, Rumah dan Bendung Jebol

    Herman Deru mengatakan pada tahun ini Bangub yang akan dikucurkan berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah anggaran yang akan menyesuaikan program usulan Kabupaten dan Kota.

    Oleh karena itu, Deru meminta agar dari empat bidang yang telah diusulkan Wali Kota Lubuklinggau dapat lebih dikerucutkan. "Tentukan lagi mana yang superprioritas, prioritas, dan program yang regular," jelasnya.

    Deru memberi contoh program superpriotas adalah program pembangunan yang mangkrak dan sangat dibutuhkan warga. Sehingga diharapkan pula program ini selesai dalam satu tahun anggaran.

    "Dan akhir tahun program pembangunan ini harus bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh warga. Makanya konsep juga harus dijelaskan apakah Lubuklinggau akan konsentrasi mengembangkan wisata modern atau wisata alam atau juga sport tourism," ungkapnya.

    Selain itu dalam mengiris kebutuhan tersebut Pemkot juga mesti dapat memilah mengenai apa-apa saja yang diinginkan warga dan bisa menjadi kebanggaan.

    "Saya pakai istilah "Nujah Mato" atau mencolok dan bisa membuat warga bahagia dan gembira. Seperti misalnya Jembatan Musi 6 kemarin ditambah lampu-lampu yang cantik dan gerbang yang unik sehingga membuat warga senang," katanya.

    Menurutnya Pemkot Lubuklinggau bisa meniru itu dengan membangun taman-taman kota yang terintegrasi literasi digital agar lebih memesona.

    Herman Deru Dukung Lubuklinggau Jadi Kota Niaga dan Pariwisata

    Setelah usulan tersebut dikerucutkan dan dikaji ulang dengan pihak terkait di Pemprov Sumsel, Deru berharap pada bulan Maret tender sudah dapat dilakukan untuk menghindari pengerjaan agar tidak terburu-buru.

    Sementara itu, Wali Kota Lubuklinggau, Prana Putra Sohe, dalam kesempatan paparan tersebut menjelaskan bahwa tahun 2021 ini pihaknya tengah menggalakkan gerakan 'Ayo Ngelong ke Lubuklinggau'.

    Untuk mewujudkan hal itu pihaknya mengusulkan empat bidang program untuk mendapatkan kucuran Bangub Anggaran 2021.

    Adapun empat program tersebut yakni pertama Infrastruktur Pengembangan Wilayah (meliputi 15 kegiatan), kedua Infrastruktur Dasar dan Penyehatan Lingkungan (meliputi 28 kegiatan), Ketiga bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata (meliputi 1 kegiatan) dan keempat Pengembangan Ruang Terbuka Publik dan Taman Olahraga (meliputi 6 kegiatan).

    Sebagai kota yang hanya mengandalkan sektor jasa, Lubuklinggau menurutnya sangat membutuhkan bantuan dari Gubernur.

    Maka dari itu, pihaknya sangat senang karena Gubernur Herman Deru memberikan kesempatan 17 Kabupaten dan Kota memaparkan setiap kebutuhan dan keluhan mereka.

    "Selama tujuh tahun baru ini kami diberi kesempatan untuk paparan program prioritas. Sehingga kami bisa menyampaikan keluhan di daerah. Tahun ini kami ingin menggelakkan gerakan "Ayo Ngelong" ke Lubuklinggau untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,"  ungkap Prana.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id