Bupati Cirebon Gagal Diuntik Vaksin Covid-19

    Ahmad Rofahan - 15 Februari 2021 21:42 WIB
    Bupati Cirebon Gagal Diuntik Vaksin Covid-19
    Bupati Cirebon, Imron, saat menjalani pemeriksaan kesehatan. Medcom.id/Ahmad Rofahan



    Cirebon: Bupati Cirebon Imron  belum bisa menerima vaksin covid-19 setelah dilakukan skrining di PKM Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Lantaran Imron belum lama dinyatakan sembuh dari terjangkit virus korona.

    Imron mengatakan, pada awal 2020 terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala. Sedangkan dalam ketentuan, penerima vaksin bisa didapatkan setelah tiga bulan dinyatakan negatif.




    "Padahal pas skrining tadi, semua dalam kondisi baik. Cuma, jarak waktu sembuh sampai mau suntik tadi baru 2,5 bulan, jadi belum bisa," kata Imron saat ditemui di PKM Sumber Kabupaten Cirebon, Senin 15 Februari 2021.

    Imron mengatakan, akan divaksin dalam waktu dekat. Untuk itu, dia memastikan bakal menjaga kesehatan, terutama tekanan darah sehingga bisa lolos skrining.

    Baca: Vaksinasi Lansia Berpeluang Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

    Ia mengimbau masyarakat di Kabupaten Cirebon untuk tidak takut terhadap kandungan vaksin. Karena sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOMm Bisa) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI).

    "Masyarakat jangan takut, karena ini untuk kesehatan bersama," katanya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni mengatakan, salah satu syarat untuk mendapatkan vaksin yakni sembuh dari covid-19 paling cepat tiga bulan. Selain itu, penerima vaksin tidak boleh memiliki riwayat penyakit penyerta (komorbid) seperti gagal jantung, penyakit ginjal, diabetes miletus, kanker, kelainan darah, dan berbagai macam penyakit lainnya.

    Baca: Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Konsisten Dukung Penerapan Prokes

    "Kemungkinan bapak bupati akan disuntik pada awal Maret 2021. Kondisi kesehatan bapak bupati juga normal, tekanan darahnya juga," katanya.

    Terpisah, Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengaku dirinya baru saja mendapatkan vaksin covid-19 di PKM Sumber. Berdasarkan hasil skrining, ia tidak mengalamai adanya gangguan kesehatan.

    Setelah mendapatkan dosis pertama vaksin covid-19, ia pun tidak mengalami efek samping seperti mengantuk atau pun pegal-pegal. Rencananya, Wahyu akan mendapatkan dosis kedua vaksin Sinovac paling cepat 14 hari ke depan atau 2 Maret 2021.

    "Alhamdulillah saya mendapatkan vaksin," kata Wahyu Tjiptaningsi.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id