Korban Gempa di Jatim Dapat Bantuan Rp500 Ribu Perbulan

    Amaluddin - 12 April 2021 19:48 WIB
    Korban Gempa di Jatim Dapat Bantuan Rp500 Ribu Perbulan
    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin



    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan akan memberikan bantuan tunggu hunian sebesar Rp500 ribu per bulan per rumah tangga untuk korban terdampak gempa bumi. Bantuan ini agar warga yang terdampak bisa menyewa rumah bersama keluarganya.

    "Bantuan tunggu hunian ini agar dimanfaatkan masyarakat, sembari menunggu proses rekonstruksi rumah mereka yang roboh atau mengalami kerusakan akibat gempa," kata Khofifah, di Surabaya, Senin, 12 April 2021.






    Baca: Jelang Ramadan, Penjualan Kurma di Solo Meningkat

    Khofifah mengatakan bantuan ini juga salah satu upaya untuk mencegah terjadinya klaster penyebaran covid-19 di pengungsian. Format ini akan dipastikan lebih detail kembali, dengan melakukan validasi data.

    "Sehingga masyarakat tidak terus berada di pengungsian, karena meski covid-19 ini telah melandai namun belum berhenti penyebarannya," jelasnya.

    Khofifah mengatakan untuk percepatan recovery dan rekonstruksi saat ini, diperlukan langkah validasi yang cepat dan tepat. Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak rumah terdampak, yang masuk dalam kategori ringan, sedang dan berat begitu pula fasum dan fasos.

    Karenanya ia meminta agar data tersebut bisa diumumkan atau ditempel di balai desa atau tempat yang strategis. Sehingga semua warga terdampak bisa memastikan datanya tercatat dengan benar.

    "Lini paling bawah oleh kepala desa, babinsa bhabinkamtibmas dan relawan. Termasuk teman-teman media bisa mereport jika ada yang tertinggal dalam pendataan," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id