Dilarang Mudik, ASN Pemkab Malang Wajib Melaporkan Lokasi dan Foto

    Daviq Umar Al Faruq - 07 April 2021 17:56 WIB
    Dilarang Mudik, ASN Pemkab Malang Wajib Melaporkan Lokasi dan Foto
    Ilustrasi--ASN di lingkungan Pemkot Malang, Jawa Timur. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)



    Malang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melarang seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerjanya untuk mudik Lebaran 2021. ASN wajib membagikan lokasi serta foto.

    "Secara formal dalam hal ini mungkin surat edaran masih belum. Tapi kami (Pemkab Malang) siap. Karena ini juga hal biasa. Mengingat pandemi juga masih belum berakhir, jadi harapannya ini bisa dimaklumi," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, Rabu 7 April 2021.






    Nurman menegaskan, nantinya akan ada penerbitan Surat Edaran dari Sekretaris Daerah (Sekda) atau Bupati Malang. Surat tersebut diterbitkan setelah surat resmi terkait larangan mudik dari Kemendagri diterima.

    "Itu (SE) perlu untuk penekanan dan penegasan. Baik dari Sekda, atau mungkin nanti dari Bupati Malang. Untuk pengawasan, nanti dari kami (BKPSDM) dan Inspektorat tentunya. Makanya nanti kita tindaklanjuti dengan SE itu. Jadi nanti (ASN) akan diwajibkan untuk foto dilengkapi waktu dan lokasi (share loc)," jelasnya.

    Baca: Objek Wisata di Jateng Tetap Buka Saat Libur Lebaran

    Sementara itu, Bupati Malang, M Sanusi, mengaku siap untuk menerapkan larangan mudik ini. Seba, pandemi covid-19 yang hingga saat ini juga masih belum mereda.

    "Dilarang semua nanti. Terutama ASN nanti sudah kami larang. Nanti teknisnya di situ (surat edaran) juga ada. Dan sanksinya untuk ASN (yang nekat mudik) nanti ya sesuai di peraturan," katanya.

    Sedangkan, Pemkab Malang belum bisa memberikan aturan yang mengikat untuk masyarakat umum. Pemkab Malang hanya bisa melakukan imbauan saja untuk warga umum agar tidak mudik.

    "Kalau masyarakat biasa kami hanya lakukan imbauan saja. Kalau ASN sudah kami larang," imbuh Sanusi.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id