Sejak 2017, Tidak Ada Pelayanan Kesehatan di Distrik Trikora

    Antara - 09 Oktober 2021 12:49 WIB
    Sejak 2017, Tidak Ada Pelayanan Kesehatan di Distrik Trikora
    Helikopter milik salah satu yayasan yang biasanya mengantar pasien dari distrik tersulit ke RSUD Wamena. ANTARA/Marius Frisson Yewun



    Wamena: Pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Distrik Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, dihentikan dalam beberapa tahun terakhir sebab pemerintah setempat kekurangan dana. 

    Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, Willy Mambieuw, mengatakan selama ini pihaknya hanya mengandalkan dana Otonomi Khusus (Otsus) namun setelah dana itu dipotong untuk pemerintah provinsi, pelayanan kesehatan di sana terhenti.

     



    "Khusus Distrik Trikora, mulai dari pemotongan dana kijang, tidak pernah kita sentuh lagi. Artinya mulai dana Otsus dipotong sekitar tahun 2017 atau 2018 untuk PON, mulai sejak itu tidak pernah ada pelayanan kesehatan karena kita hanya andalkan dari dana otsus itu," katanya, di Wamena, Sabtu, 9 Oktober 2021.

    Baca juga: Minta Uang Tak Diberi, Anak Punk Keroyok Pengunjung Taman Gajah

    Pemerintah kabupaten tidak bisa membiayai perjalanan tenaga medis dan pengiriman obat-obatan ke sana sebab akses satu-satunya ke sana hanya bisa dijangkau dengan helikopter.

    "Transportasi ke sana tidak bisa pakai jalan darat, pesawat juga tidak bisa. Biasa kita carter helikopter dan kita kewalahan di dana, jadi pelayanan beberapa tahun terakhir ini belum tersentuh untuk Trikora," katanya.

    Dinas Kesehatan telah membuat rencana untuk mengirim tim kesehatan bersama obat-obatan ke sana, namun belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran.

    Dalam rencana yang diajukan ke pemerintah kabupaten itu, tim Dinkes ini akan ditempatkan selama sebulan di sana. "Tinggal kita tunggu. Mungkin dengan kemampuan daerah terkait refocusing dana untuk kegiatan covid-19," ungkap dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id