Vaksinasi Masyarakat Umum di Kulon Progo Baru 0,1%

    Antara - 07 Juni 2021 08:56 WIB
    Vaksinasi Masyarakat Umum di Kulon Progo Baru 0,1%
    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati. (Foto ANTARA/Sutarmi)



    Kulon Progo: Capaian vaksinasi masyarakat umum di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, baru 0,1 persen atau sekitar 198 orang. Sedangkan target vaksinasi masyarakat umum yakni 183.859 orang.

    "Dari jumlah tersebut 198 atau 0,1 persen di antaranya sudah menjalani suntik vaksin dosis pertama, kemudian 75 orang sudah disuntik vaksin dosis kedua," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo Baning Rahayujati, di Kulon Progo, Senin, 7 Juni 2021.

     



    Selain itu, sasaran vaksinasi bagi masyarakat rentan yakni sekitar 45.965 orang dan 118 di antaranya sudah menjalani vaksinasi dosis pertama. Dengan jumlah tersebut capaian target vaksin bagi masyarakat rentan baru mencapai angka 0,3 persen.

    "Yang masuk kategori rentan adalah masyarakat pra lansia dan memiliki komorbid," katanya.

    Baning mengatakan jumlah total sasaran vaksinasi covid-19 pada Juni juga bertambah menjadi 335.122 orang. Dari jumlah total tersebut 35.003 atau sepuluh persen di antaranya sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

    Baca: Uji Klinis Tahap Ketiga Vaksin Zifivax Ditargetkan Selesai Juni 2021

    Sedangkan target vaksinasi tenaga kesehatan tercapai 3.388 dari 3.463 sasaran. Kemudian target pelayan publik tercapai 20.706 dari sebanyak 23.414 sasaran, lalu lansia tercapai 10.593 dari 78.421 sasaran.

    "Pada tahapan vaksinasi pada Juni ini, gugus tugas juga akan melakukan model baru terhadap penyuntikan vaksin covid-19. Pada vaksin dosis pertama akan digunakan vaksin Astrazeneca kemudian dosis kedua digunakan vaksin Sinovac," terangnya.

    Pada Minggu pertama Juni, lanjut Baning, berdasarkan data dari petugas 21 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan, ada 4.283 yang mendaftar untuk vaksinasi.
    "Bagi yang belum mendaftar kami himbau segera mendaftar ke puskemas atau melalui RT/RW, dusun dan desa setempat," terangnya.

    Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulon Progo, total pasien terkonfirmasi covid-19 sebanyak 6.255 kasus dengan rincian 60 isolasi rumah sakit, 307 isolasi mandiri, 5.226 selesai isolasi, 533 sembuh dan 118 meninggal dunia. Kemudian, pada Minggu, 6 Juni 2021, ada penambahan pasien terkonfirmasi covid-19 sebanyak 50 kasus.

    Vaksin Slank untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
     
    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
     

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id