Palanggar Protokol Kesehatan di Solo Diberi Sanksi Bersihkan Sungai

    Triawati Prihatsari - 11 September 2020 16:05 WIB
    Palanggar Protokol Kesehatan di Solo Diberi Sanksi Bersihkan Sungai
    Warga terjaring razia masker di Solo disanksi membersihkan sungai, Jumat siang, 11 September 2020. Medcom.id/ Triawati
    Solo: Puluhan pelanggar protokol kesehatan terjaring razia gabungan yang dilakukan Satpol PP Solo bersama TNI dan Polri, Jumat siang, 11 September 2020. Mereka langsung diberi sanksi memberihkan sungai selama 15 menit.

    "Sanksi satu-satunya sesuai dengan Perwali bagi pelanggar protokol kesehatan yang tidak mengenakan masker, membersihkan sungai atau drainase selama 15 menit. Ini begitu terjaring langsung KTP ditahan dan wajib membersihkan sungai," kata Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan, di lokasi.

    Baca: Jumlah Ranjang Pasien Covid-19 di Jatim Cukup

    Arif menjelaskan begitu sanksi selesai dilaksanakan, KTP mereka langsing dikembalikan. Pantauan di lapangan, para pelanggar tersebut diberikan perlengkapan berupa sepatu boot dan sarung tangan plastik sebelum turun ke Sungai Toklo sambil diawasi petugas.

    Sanksi tersebut diterapkan untuk seluruh warga Solo dan yang melintas di Kota Solo termasuk anak-anak. "Kalau anak-anak di bawah usia 15 tahun yang menjadi penanggung jawab orang tuanya. Hal itu sesuai peraturan dalam Perwali," jelas Arif.

    Sementara salah seorang warga terjaring razia, Kusuma Aditya, 27, mengaku belum mengetahui terkait sanksi membersihkan sungai bagi warga yang tidak mengenakan masker. Namun dia mengaku salah lantaran tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

    "Ya mudah-mudahan setelah ini ke depannya saya tidak akan lupa lagi mengenakan masker saat keluar rumah," ungkap Kusuma.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id