DIY Siapkan Rp14 Miliar untuk Penanganan Korona

    Ahmad Mustaqim - 20 Maret 2020 16:53 WIB
    DIY Siapkan Rp14 Miliar untuk Penanganan Korona
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan dana sekitar Rp14 miliar untuk menangani penyebaran virus korona covid-19. Anggaran ini bisa bertambah sesuai perkembangan di lapangan.

    "Kita punya dana tak terduga Rp14,8 miliar. Sampai hari ini kita masih menggunakan dana regular yang sudah ada yang terkait," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Yogyakarta, Jumat, 20 Maret 2020.

    Kadarmanta mengatakan penambahan dana bisa dilakukan dengan mengubah struktur APBD. Ia mengatakan jajaran DPRD sudah siap memberikan dukungan. "Redesain seperti apa ya ini teman-teman waktu bikim exemplan ini akan berdampak ke pembiayaan apa nggak," jelas Kadarmanta.

    Pembiayaan penanganan virus korona juga melibatkan pemeribkan kabupaten/kota. Setiap pemerintah kabupaten/kota memiliki anggaran tersendiri. Menurut Kadarmanta pihaknya juga melibatkan pihak kabupaten atau kota karena masing-masing kabupaten kota juga punya dana tak terduga.

    Ia mengatakan setiap kelompok yang ada di dalam gugus tugas sedang bekerja dan memetakan kebutuhan anggraran. Mulai dari unsur kesehatan, ekonomi, sosial, hingga pendidikan. Adapun gugus tugas ini ada juga di tingkat pemerintah kabupaten atau kota.

    "Bisa untuk kebutuhan alat kesehatan, bisa disinfektan, bisa dalam bentuk sosialisasi edukasi masyarakat. Bisa penyediaan tempat atau ruangan-ruangan," pungkasnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id